Beranda KAMPUS Kerja Sama Internasional, Mahasiswa UM Berkesempatan Pelajari Islam di AS

Kerja Sama Internasional, Mahasiswa UM Berkesempatan Pelajari Islam di AS

191
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, MALANG – Pihak Universitas Negeri Malang (UM) terus melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan eksistensi di kancah internasional. Rabu, 1 Februari 2017, UM menjalin kerja sama dengan Islamic University Minnesota (IUM), Amerika Serikat (AS).

Kesepakatan kerjasama antara kedua kampus tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman kerjasama yang ditandatangani oleh masing-masing pimpinan universitas. Penandatanganan MoU antara UM dengan Islamic University of Minessota dilaksankan di Ruang Sidang Rektorat, Gedung A1 lantai 2, sekitar pukul 10.00 WIB. Acara penandatangan kerja sama ini dihadari para anggota rapat pimpinan (rapim) Universitas Negeri Malang.

Rektor Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, MPd, yang meneken langsung MoU ini. Sedangkan dari Pihak Islamic University Minnesota ditandatangani oleh Rektor Prof. Dr. Walled Idris Al-Meneesey. Kedepan, kedua kampus ini sepakat dalam memberikan ruang kepada para mahasiswa kedua kampus untuk mengadakan persamaan materi pelajaran bagi mahasiswa yang mengikuti beberapa mata kuliah di salah satu dari kedua universitas, dan ingin menyelesaikan studinya di universitas yang lain dalam batasan maksimal yang dibolehkan untuk persamaan materi perkuliahan tersebut. Selain itu, kedua kampus juga sepakat untuk saling bertukar kurikulum dan metode pengajaran, serta kerjasama di bidang karya-karya ilmiah.

Dalam rilis resmi yang diperoleh dari pihak UM, disebutkan bahwa kerja sama internasional ini dalam rangka mewujudkan Universitas Negeri Malang sebagai universitas kelas dunia.

“Kerjasama ini dalam bidang akademik, dan pertukaran mahasiswa. Jadi, kami membuka ruang bagi yang berminat mempelajari lebih dalam tentang Islam di Amerika Serikat,” jelas Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, MPd, dalam rilis tersebut.

Sementara itu, Prof. Dr. Walled Idris Al-Meneesey mengapresiasi sambutan Universitas Negeri Malang. Disampaikanya bahwa IUM sangat membutuhkan dukungan dan apresiasi dari muslim Indonesia dalam berbagai hal, dan UM telah mengawalinya dengan jalinan kerja sama yang baik. Dr Walled menyampaikan terima kasih atas kepercayaan UM kepada IUM. Ia berharap semoga kedepan kerja sama ini akan memberikan manfaat yang baik bagi para mahasiswa. (rul)

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here