Kenalkan Sistem CBT, SMK Muhammadiyah 1 Gelar Tryout Online

Mengikuti ujian tryout sangat lah penting bagi siswa-siswi yang tahun ini harus menjalani ujian nasional. Apalagi, jika kesempatan ujian tryout ini dilalukan secara online atau berbasis komputer, tentunya menjadi pengalaman cukup berharga bagi mereka.

Kesempatan ujian tryout UN secara online ini seperti yang diikuti setidaknya 320 siswa SMP, selama Jumat-Sabtu, 4-5 Februari 2016, yang diselenggarakan oleh SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen. Ujian tryout online SMP/MTs ini sendiri merupakan program SMK Muhammadiyah 1 yang digelar gratis bagi siswa kelas IX SMP/MTs se Kabupaten Malang.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, melalui waka humas, Hono Suparjo menegaskan, pihaknya menjadualkan menggelar ujian tryout UN online hingga April 2016 mendatang. Tryout UN online digelar menyesuaikan jadual kesediaan masing-masing SMP/MTs. Dengan fasilitas 300 unit PC, ditargetkan tryout online ini bisa diikuti setidak 4 ribu siswa dari 60 hingga 70 SMP/MTs.

“Sudah ada setidaknya 20 sekolah di Kabupaten Malang, khususnya Malang Selatan, yang sudah terdaftar mengikuti try lout online di SMK 1 Muhammadiyah hingga April mendatang. Beberapa pekan mendatang, ada sekitar enam sekolah yang harus kami fasilitasi tryout online,” kata Hono.

Dengan memfasilitasi tryout online gratis ini, lanjut Hono, menunjukkan kepedulian SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen untuk membantu pemerintah mengenalkan sistem UN Berbasis Komputet (UNBK) bagi siswa SMP/MTs di Kabupaten Malang. Apalagi, tidak semua sekolah SMP/MTs siap dengan sistem UNBK atau CBT (Computer based Test).

“Sistem CBT sejatinya tidak rumit. Dengan latihan tryout UN online, anak-anak latihan untuk mengukur kesiapan sekaligus tidak gagap jika nantinya menghadapi ujian online,” tambah Hono.

Total waktu tryout online adalah 150 menit pemecahan soal. Sebanyak 100 butir soal untuk empat mapel UN. Dengan demikian, tiap peserta membutuhkan 1,6 menit rata-rata waktu pengerjaan satu soal. Hasil ujian online juga langsung bisa diketahui skornya.

Tryout UN online ini juga beberapa kali diselenggarakan bagi siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1. Maklum saja, tahun ini SMK ini juga termasuk sekolah yang harus menyelenggarakan UNBK.

“Peserta UNBK tahun ini sekitar 600 siswa. Tryout online sudah dua kali digelar. Bahkan, saat UAS juga telah dilakukan berbasis IT, khususnya siswa TKJ online,” pungkas Hono.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.