Beranda KAMPUS KemHan RI Tingkatkan Pemahaman Mahasiswa UM Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional

KemHan RI Tingkatkan Pemahaman Mahasiswa UM Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional

50
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, Malang – Dalam rangka menghadapi ancaman yang semakin beragam di Indonesia, Kementerian Pertahanan (KemHan) RI Direktorat Jendral Potensi Pertahanan mengadakan sosialisasi tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara Lingkungan Akademisi di Universitas Negeri Malang (UM).

Acara yang diselenggarakan oleh Direktorat penyelenggaraan Jenderal Potensi Pertahanan, Direktur Komando Cadangan (Ditjen Pothan Ditkomcad) Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dihadiri oleh delegasi mahasiswa serta aktivis kampus dari PTN dan PTS se-Malang ini berlangsung pada Kamis (27/4) di Aula Utama Gedung A3 UM.

Seperti yang disampaikan Muchtar Lutfi, Kasubdit Matra Darat Ditjen Pothan Ditkomcad, Kolonel Infanteri, bahwasannya latar belakang dari pelaksanaan kegiatan ini adalah memupuk dan menumbuhkembangkan cinta tanah air.

KemHan RI Tingkatkan Pemahaman Mahasiswa UM Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional

“Banyak persoalan yang dihadapi negara kita, diantaranya persoalan sara, ekonomi, dan tatanan sosial lainnya. Oleh karena itu, dimulai dari kegiatan inilah nantinya semua persoalan dapat terselesaikan,” papar Muchtar Lutfi.

Sementara itu Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd juga memberikan pandangannya dihadapan para undangan dan mahasiswa tentang pentingnya mempertahankan peradaban bangsa Indonesia.

“Sumber daya manusia merupakan kunci sukses peradaban bangsa. Akademisi khususnya para mahasiswa yang saat ini di bangku kuliah sebagai segmen penting dalam sosialisasi ini. karena 20 tahun kedepan mahasiswa inilah yang akan memangku kelangsungan kehidupan bangsa dan negara ini”, jelas Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd.

Pembicara kunci dalam kegiatan sosialisasi ini adalah Prof. Anak Agung Banyu Perwita, Ph.D. Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Presiden ini memberikan materi tentang Rancangan Undang-Undang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN-P). Paparan materi yang dimoderatori oleh Staf Ahli Wakil Rektor III UM, Ahmad Fahmi, S.T., M.T. ini berlangsung menarik, sehingga mengguggah para peserta untuk melakukan tanya jawab.

Ada tiga hal penting dalam sosialisasi tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara Lingkungan Akademisi ini, yaitu: 1) Apa yang harus dipertahankan, 2) Siap yang berkewajiban mempertahankan, dan 3) Bagaimana cara untuk mempertahankan sumberdaya yang dimiliki negara ini.

Jawaban dari tiga hal penting tersebut tentunya melibatkan banyak pihak yang harus saling berperan, yaitu untuk mempertahankan nilai-nilai nasional yang dimiliki negara ini, tentu akan melibatkan seluruh rakyat Indonesia, dengan cara membangun sumber daya manusia yang ada, membuka diplomasi dengan berbagai negara lain di dunia. (*)

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here