Kemajuan Sekolah Bergantung Kepemimpinan dan Komitmen Bersama

0 327

Inspirasicendekia.com, MALANG – Kepemimpinan kepala sekolah sangat penting membawa kemajuan sekolah. Dengan komitmen bersama masyarakat sekolah, percepatan mutu mudah dilakukan.

“Semua stakeholder, pemerintah dan komite sekolah, digabungkan dengan semangat dan komitmen warga sekolah, maka percepatan peningkatan kualitas akan bisa diwujudkan,” demikian Kasubdit Sarpras Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hariyono, usai peresmian sejumlah fasilitas baru di SMKN 1 Kepanjen, Kabupaten Malang, Senin (9/2/2019).

Kepemimpinan yang baik oleh kepala sekolah, menurutnya menjadi modal tersendiri bagi kemajuan dan perkembangan sekolah.

“Sekolah yang baik pasti memiliki kepala sekolah yang baik. Selanjutnya, akan tercipta situasi dan kultur kerja yang baik (positif),” tegasnya.

Dalam acara ini, juga didampingi kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Jawa Timur, Suhartono, dan kepala Cabdin wilayah Kabupaten Malang Arif Rakhman. Rombongan menyempatkan berkeliling melihat fasilitas seperti teaching factory, praktik siswa di kelas-kelas industri Industry Learning Center (SMK) dan ruang perpustakaan.

Kasubdit PSMK menyatakan apresiasinya pada SMKN 1 Kepanjen yang baru dibuka 2008 lalu, namun sudah berkembang cukup baik prasarana maupun siswanya, yang kini berjumlah sekitar 1.300 siswa.

Usai peresmian di SMKN 1, rombongan kemudian menyempatkan berkunjung SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen untuk melihat gedung Kampus 2 di Jalan Panji. Gedung empat lantai ini masih terus dilengkapi fasilitas penunjangnya.

“Kalau (sekolah) Muhammadiyah ini luar biasa, karena persatuannya se Indonesia bisa saling support. Saya yakin, sekolah Muhammadiyah pasti maju,” kesan Hariyono.

Ia menegaskan, bantuan pemerintah tidak melihat sekolah negeri atau swasta, tetapi lebih pada yang memang benar-benar membutuhkan.

“Ini yang coba kami bangun, bahwa bantuan lebih diperuntukkan pada sekolah yang membutuhkan tanpa melihat negeri atau swasta. Tentunya, kita lihat peta dan profilnya,” tegasnya. [rul]

Dapatkan notifikasi berita terbaru langsung dari perangkat Anda. Subscribe sekarang!

Berita Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email Anda tidak akan disebarkan.