Beranda Ragam Jaring Pesilat Kejuaran IPSI Malang

Jaring Pesilat Kejuaran IPSI Malang

1104
0
BERBAGI
Pendekar Pagar Nusa ‘Adu Pukul’

Aula gedung kampus Universitas Raden Rahmat (Unira) Malang dipenuhi ratusan remaja berpakaian serba hitam sejak Jumat (18/12/2015) kemarin. Mewakili nama kelompok perguruan masing-masing, para pendekar silat dari berbagai padepokan silat Pagar Nusa se-Malang Raya ini saling unjuk kemampuan dalam kejuaraan silat bertajuk Unira Silat Championship (USC) 2015 di kampus setempat.

Rencananya, ajang kejuaraan itu digelar hingga Ahad (20/12/2015) mendatang. Ajang ini merupakan event perdana di kampus tersebut yang menghadirkan atlet-atlet silat dari perguruan silat Pagar Nusa dari lintas usia.

“Ini upaya Unira untuk mengembangkan budaya bangsa khususnya di bidang olahraga pencak silat,” ujar Nur Ridwan, Ketua pelaksana USC 2015. Ridwan menambahkan, meskipun baru pertama kali digelar, kejuaraan silat ini telah mampu menarik perhatian pesilat Pagar Nusa di Malang Raya. Ada setidaknya 405 peserta siap mengikuti ajang dan bertanding di 34 kelas yang dipertandingkan. Untuk awal, lanjutnya, ajang perdana masih diikuti atlet silat Pagar Nusa.

“Kedepan kita akan selenggarakan kejuaraan silat antar perguruan yang juga tingkatannya kemudian akan ditingkatan ke tingkat Provinsi hingga Nasional,” jelasnya.

Pesertanya tersebar diantara 38 kontingen yang terdiri dari dari sekolah kampus dan padepokan. Beberapa kampus turut serta, seperti Unira, Unisma, Stikes Kanjuruhan Kepanjen.

Untuk kelas yang dipertandingkan terdiri dari usia dini, pra remaja, remaja, dan dewasa untuk kategori seni, dan untuk kategori tanding terdiri dari kelas pra remaja, remaja, dan dewasa.
Sebagai tindak lanjut dalam kejuaraan itu, katanya, akan diturunkan dalam kejuaraan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Malang, 28 Desember 2015.

“Ini sekaligus ajang menjaring pesilat potensial untuk kejuaraan mendatang,” demikian Ridwan. (*)

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here