Beranda KILAS Jambore Bahasa Pelajar SMP, Lebih dari Sekadar Membingkai Makna Kata

Jambore Bahasa Pelajar SMP, Lebih dari Sekadar Membingkai Makna Kata

113
0
BERBAGI
Jambore Bahasa Pelajar SMP, Lebih dari Sekadar Membingkai Makna Kata

Inspirasicendekia.com, MALANG – EKSPRESI dan bingkai kata-kata sarat makna mengemuka dalam acara Jambore Bahasa dan Sastra Indonesia yang digelar Sabtu-Minggu, 28-29 Oktober 2017. Di acara ini, dalam kegiatan ini ratusan pelajar SMP se Kabupaten Malang tak sekadar berekspreasi menunjukkan bakat kebahasaannya, melainkan pula unjuk kreasi dalam penampilan sastra budaya.

Ragam kreasi sastra budaya pelajar SMP ini pun tampak sejak saat pembukaan Jambore yang dipusatkan di aula SMPN 1 Gondanglegi, Kabupaten Malang, Sabtu (28/10) sore. Penampilan dalam parade seni kreatif siswa-siswi di atas panggung begitu apik dan memukau para hadirim. Ada fragmen drama teater pelajar dan musik campursari dan gamelan yang semuanya dibawakan pelajar sejumlah SMPN.

“Penampilan dan karya yang muncul dalam kegiatan Jambore Bahasa dan Sastra Indonesia ini sangat bagus dan perlu diapresiasi. Terlebih acara ini bisa menggabungkan kemampuan kebahasaan anak dengan bakat kreativitas yang sarat nilai karakter dan sastra budaya,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Pudianto MSi, usai membuka acara.

Dikatakan, acara jambore Bahasa dan Sastra Indonesia seperti sebenarnya pernah diinisiasinya lima tahun silam. Karena itu, ia berharap kegiatan ini terus berlanjut bahkan bisa dilakukan oleh bidang studi lain dengan kemasan yang serupa.

Sejumlah enam kegiatan menjadi rangkaian acara yang meramaikan jambore ini. Yakni, literasi dan sarasehan, serta empat bidang kemampuan kebahasaaan yang dilombakan dengan kategori masing-masing peserta putra dan putri. Dalam acara ini, peserta juga digali bakatnya melalui parade seni kreatif juga pembacaan puisi-puisi kebangsaan.

Jambore Bahasa dan Sastra Indonesia antarpelajar SMP se Kabupaten Malang 2017 ini diprakarsai MGMP SMPN Kabupaten Malang. Kali ini, tentunya diharapkan lebih meriah dan memberikan pengalaman lebih bermakna terutama kepada pelajar yang menjadi peserta. [min]

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here