Beranda KILAS Ikuti Workshop Menulis, Para Guru SMK Ini Siap Terbitkan Buku Produktif

Ikuti Workshop Menulis, Para Guru SMK Ini Siap Terbitkan Buku Produktif

256
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, MALANG – Sejumlah 167 guru produktif dari beberapa SMK se Indonesia memadati sebuah aula di SMK Muhammadiyah (SMK Mutu) Gondanglegi Kabupaten Malang, Sabtu (4/11) siang. Selama beberapa waktu, mereka tampak sibuk dengan draf naskah dan laptop masing-masing.

Para guru dari 127 sekolah kejuruan yang datang dari berbagai daerah ini adalah peserta Workshop Guru Menulis yang diprakarsai penerbit Kitto Book dan SMK Mutu. Selama workshop, peserta dibimbing langsung oleh narasumber tunggal Mulyana SPd MPsi, trainer yang sudah menghasilkan puluhan buku.

“Workshop Guru Menulis kali ini adalah tahun kedua. Dari hasil workshop, kami targetkan tahun ini bisa tercetak 120 judul buku produktif untuk 8 program keahlian SMK,” kata Pramanda Nalang, GM Penerbit Kitto Book, Sabtu (4/11).

Dikatakan, pihaknya meminta tiap peserta mau membuat karya tulis berupa buku. Setelah workshop, lanjut Nalang, diberikan waktu pembimbingan selama tiga bulan, ditambah satu bulan melibatkan pihak P4TK/VEDC khusus pada konten

“Ada lima pembimbing yang diisapkan bagi peserta sesuai program keahlian produktif masing-masing. Pembimbingan tiga bulan pada aspek penulisan atau penyusunan. Sedangkan, dengan pihak P4TK terkait validasi isi sehingga buku yang dihasilkan tidak asal dan sesuai kurikulum produktif yang berlaku di SMK,” beber Nalang.

Ikuti Workshop Menulis, Para Guru SMK Ini Siap Terbitkan Buku ProduktifSoal isi buku produktif yang bakal dibuat peserta, manual atau buku pedoman dari DUDI tetap bisa dijadikan referensi untuk pengayaan. Buku produktif juga sudah dipedomani dengan KI/KD (Kompetensi Inti dan Dasar) sesuai silabus dan kurikulum 2013 terbaru yang sudah revisi.

Workshop Guru menulis ini juga dihadiri Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Drs Hery Trijono MPd. Dalam sambutannya, ia menyatakan mengapresiasi semangat dan motivasi para peserta workshop yang telah jauh-jauh datang untuk mengikuti kegiatan dan berkomitmen menulis buku. Hery berharap ke depan semakin banyak buku produktif yang ditulis guru-guru SMK.

Dalam kesempatan ini, dilaunching empat judul buku mata pelajaran produktif SMK yang ditulis sejumlah guru SMK Mutu. Yakni, buku Administrasi Umum, Ekonomi Bisnis, Gambar SMK Mutu Teknik Otomotif, dan Teknik Dasar Otomotif. Di dunia SMK buku tersebut masuk kategori dasar-dasar program keahlian.

Buku yang diterbitkan Kitto Book tersebut ditulis Miftahul Jannah, Silvia Rachman dan Ari Damayanti (Administrasi Umum), Vickin Lukmanto dan Virdina Astiningsih (Ekonomi Bisnis), Wahyu Aprilianto, Muhammad Gozali, dan Sasongko Leksono (Gambar Teknik Otomotif), Evan Kusumawardhana, Ahmad Muhtadi dan Catur Sunariadi (Teknik Dasar Otomotif).

“Sebagai guru SMK Rujukan Nasional, para guru kami ini telah membuktikan bahwa guru tidaklah pandai ceramah di hadapan siswa, melainkan juga bisa berkarya melalui buku yang ditulisnya,” kata kepala SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, M Pahri, dalam sambutannya pada pembukaan acara Workshop Guru Menulis. [rul]

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here