Hujan Deras Sejak Sore, Kawasan Pakis Dikepung Banjir

Inspirasicendekia.com, MALANG – Wilayah Malang mengalami darurat hujan dan banjir sejak Senin (3/4) petang. Kawasan sekitat Wendit Desa Mangliawan Kecamatan Pakis, merupakan wilayah yang paling tergenang air banjir. Akibatnya, ratusan warga setempat harus diungsikan ke sejumlah tempat yang lebih aman.

Seperti dilaporkan Amirul Yasin, Kasi pelayanan PMI Kabupaten Malang, kejadian bencana banjir tepatnya terjadi di Dusun Lowoksuruh Desa Mangliawan Pakis kabupaten malang.
Kronologi kejadiannya, banjir disebabkan hujan lebat yang terjadi sejak pukul 15.30 WIB. Sekitar pukul 18.30 WIB, katanya, dilaporkan air tetus naik hingga mencapai ketinggian 1 sampai 4 meter.

“Banjir mengakibatkan 146 jiwa dari 36 KK yang mendiami wilayah RT 1-5 dan terdampak banjir ini harus diungsikan. Selain mengancam keselamatan jiwa penduduk, banjir juga berdampak pada 1 bangunan sekolah taman kanak-kanak dan musala. Bahkan, jalan desa terendam hingga ketinggian air 3 meter,” demikian Amirul Yasin, Senin (3 /4).

Hingga kini, relawan PMI bersama tim BPBD dibantu personel lainnya mengungsikan warga di dalam sebuah masjid yang letaknya berada di dataran lebih tinggi. Selain itu, lanjutnya, relawan dan petugas juga terus melakukan pendataan dan bersiaga memantau ketinggian air.

Sejak pukul setengah 9 malam, air genangan banjir mulai surut. Namun, hingga malam ini, sejumlah titik di wilayah ini masih tergenang air. [rul]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.