Beranda SAINTEK Hindari Isi Daya Smartphone di Colokan Tempat Umum

Hindari Isi Daya Smartphone di Colokan Tempat Umum

196
0
BERBAGI
Hindari Isi Daya Smartphone di Colokan Tempat Umum

Inspirasicendekia.com, Malang – Bagi pengguna smartphone pasti akan merasa khawatir atau bingung saat baterai ponsel akan habis. Selain untuk komunikasi, beragam aktivitas sehari-hari dapat terbantu dengan adanya smartphone seperti pesan transportasi online, update informasi, penunjuk arah atau hanya untuk sekedar hiburan.

Nah, bila baterai ponsel sudah habis, hal pertama yang ingin Anda lakukan saat melihat stasiun pengisian daya di tempat umum pastilah mengisi daya ponsel. Meski begitu, Anda harus berhati-hati dengan keamanan stasiun pengisian daya yang banyak tersebar di tempat-tempat umum seperti bandara, pesawat, taman dan ruang pertemuan tersebut.

 

Bukan tidak mungkin hanya dengan mencolokkan ponsel ke stasiun pengisian daya yang telah ‘dikerjai’, perangkat Anda dapat terinfeksi dan data Anda bisa diretas. Melansir Liputan6.com,  Drew Paik, seorang ahli keamanan dari Authentic8, “jika port yang dipakai untuk mengisi daya telah diretas, jumlah informasi yang mungkin didapatkan peretas pun tak terbatas. Mulai dari email, SMS, foto hingga kontak.

Hal ini bisa dilakukan melalui kabel data yang Anda pakai untuk mengisi daya smartphone, yang juga bisa dipakai untuk mengirimkan data dari ponsel ke perangkat lainnya. Misalnya saja, saat Anda mencolokkan iPhone ke Mac dengan kabel data, Anda bisa memindahkan foto dari smartphone ke komputer atau sebaliknya.

Teknik tersebut dinamakan juice jacking, istilah tersebut diciptakan oleh para peneliti pada tahun 2011. Tahun lalu Authentic8 melakukan eksperimen saat mengikuti konferensi keamanan RSA di San Fransisco dengan menyediakan stasiun pengisian daya di booth mereka serta menawarkan kabel bagi orang yang ingin mengisi daya ponselnya. Setidaknya 80 persen peserta mengisi daya tanpa bertanya mengenai keamanan.

Hasil dari eksperimen tersebut, Authentic8 menunjukkan bagaimana proses juice jacking menggunakan port yang telah diretas dan video capture untuk merekam semua yang dilihat dan diketik dengan ponsel tersebut. Alih-alih menggunakan outlet pengisian daya yang ada di tempat umum, lebih baik jika Anda membawa powerbank sendiri untuk menjaga keamanan dan privasi.

“Kalau kamu peduli dengan keamanan, alangkah baiknya untuk tidak menggunakan stasiun pengisian daya,” tutup Paik. (*)

Print
PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here