Haul Mbah Djugo, Tiga Hari Kirab Budaya

Haul Mbah Djugo, Tiga Hari Kirab BudayaMasyarakat di Desa Djugo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar tumplek-blek merayakan Kirab Budaya,Sabtu (29/08). Kegiatan tersebut diadakan untuk mengenang tokoh babat alas tanah Djugo yang ke-145, yang dikenal Eyang Djugo atau Mbah Djugo. Pesta rakyat ini juga dirangkai untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI Ke-70.

Kepada Inspirasi Cendekia, pengurus Padepokan Eyang Djugo Gatot mengungkapkan, kegiatan peringatan Haul Eyang Djugo dan HUT Kemerdekaan RI Ke-70 ini mengeluarkan seluruh kesenian dan budaya lokal yang ada di desa setempat dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi, mulai dari yang tua, muda bahkan anak-anak.

“Kesenian bantengan, reog, tari, sampai wayang disuguhkan untuk menghibur masyarakat selama tiga hari berturut-turut”, imbuh Bapak satu anak ini.

Kirab dimulai dari pukul 13.00 WIB sampai sore hari. Start awal kirab budaya diawali dari makam Mbah Daud, murid Eyang Djugo dan selesai di Padepokan Eyang Djugo.

Antusiasme masyarakat sungguh luar biasa, mereka berbondong-bondong membawa anggota keluarganya untuk menyaksikan kirab budaya. Tak sedikit dari mereka juga ikut mengabadikannya dengan foto bersama peserta Kirab.

Kemeriahan kirab budaya tersebut dirasakan oleh pengunjung yang hadir pada kegiatan itu. Seperti Anis, wisatawan dari Kota Malang yang ikut serta dalam aktifitas itu mengaku sangat berkesan dengan acara tersebut. “Kirab Budaya disini sungguh meriah. Banyak tema-tema kesenian yang ditampilkan dan kegiatan seperti ini penting untuk memberikan wawasan akan kekayaan kebudayaan local,” katanya. (ncp)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.