Beranda LIPUTAN KHUSUS Hati-Hati dan Teliti Saat Pendaftaran Online SNMPTN

Hati-Hati dan Teliti Saat Pendaftaran Online SNMPTN

229
0
BERBAGI
Hati-Hati dan Teliti Saat Pendaftaran Online SNMPTN
Hati-Hati dan Teliti Saat Pendaftaran Online SNMPTN

Inspirasicendekia.com, MALANG – Setelah tahapan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sempat diundur tenggat waktunya, pendaftaran SNMPTN 2017 resmi dimulai Selasa, 21 Februari 2017 kemarin. Panitia menentukan waktu pendaftaran secara online selama dua pekan dan berakhir tanggal 6 Maret 2017 mendatang.

Para siswa SMA/MA/SMK yang dinyatakan layak mengikuti SNMPTN pun mulai melakukan pendaftaran.
Di SMAN 1 Kepanjen misalnya, pihak Bimbingan Konseling (BK) SMAN setempat memastikan telah menyampaikan agar siswa-siswinya melakukan pendaftaran SNMPTN. Dikatakan Syarifator Rofiah, Koordinator BK SMAN 1 Kepanjen, siswa sudah diberi pengarahan pendaftaran SNMPTN online secara mandiri. Akan tetapi, jika ada kendala dihadapi ia meminta mereka konsultasi ke BK.

“Yang ditetapkan bisa mendaftar ada 193 siswa. Pilihan jurusan tetap maksimal 3 dan kampus yang dipilih masih kampus-kampus yang favorit,” katanya, Rabu (22/2) siang.

Menurutnya, sebaran prodi dan kampus yang diminati siswa tahun ini cukup merata hampir di semua PTN favorit. Tidak hanya kampus PTN di Malang dan Surabaya, melainkan pula sampai ke kampus ternama lain seperti UGM, ITB, IPB, UNDIP, UNS, dan UNPAD. Sedangkan, prodi teknik masih menjadi favorit pilihan siswa.

Terpisah, Aminarti S Wahyuni, Koordinator informasi dan publikasi dari Universitas Negeri Malang (UM) mengungkapkan, siswa yang dapat mendaftar adalah yang dinyatakan layak berdasarkan ketentuan Panitia Pusat SNMPTN 2017. Pendaftaran secara online dilakukan di lamanweb snmptn.ac.id.

Saat mendaftar, lanjutnya, siswa diminta membaca ketentuan program studi dan PTN di laman PTN terkait. Ini karena pendaftaran SNMPTN 2017 hanya dapat dilakukan sekali, sehingga jangan sampai salah menetapkan pilihan prodi dan PTN. Jika ingin mengetahui informasi tentang daya tampung dan keketatan persaingan di PTN UM misalnya, siswa bisa melihat di halaman website web um.ac.id.

“Kalau siswa sudah melakukan pendaftaran/submit, data tidak bisa dibuka lagi untuk revisi. Sebelum  mantap memilih prodi dan PTN, sebaiknya tidak melakukan pendaftaran dulu. Terlebih, jangan melakukan pendaftaran menjelang waktu deadline,” demikian Yuyun. [rul]

Print
PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here