Hadapi Bencana, Siswa SMAN 1 Ngantang Dilatih Sigap dan Tanggap

Inspirasicendekia.com, Ngantang – Raungan bunyi sirine menggegerkan seluruh lingkungan SMAN 1 Ngantang, Sabtu (19/11) pagi. Bersamaan dengan itu, para siswa dan guru sekolah setempat berhamburan dan tampak dalam kepanikan. Bunyi sirine itu menandakan adanya bencana alam yang mendadak terjadi di kawasan Ngantang pagi itu.

Sejumlah siswa tampak terjatuh di halaman lapangan upacara. Sebagian lainnya yang berada di lantai dua terlihat begitu panik dan ingin meloncat dari ketinggian bangunan kelasnya.

Hadapi Bencana, Siswa SMAN 1 Ngantang Dilatih Sigap dan Tanggap
TANGGAP: Suasana pelatihan dan simulasi pengurangan resiko bencana yang diikuti siswa-siswi SMAN 1 Ngantang bersama fasilitator PMI Kabupaten Malang belum lama ini. FOTO: Choirul Amin/Inspirasi Cendekia

Begitulah simulasi kejadian saat bencana yang dilangsungkan di SMAN yang letaknya jauh di wilayah barat Kabupaten Malang ini. Saat ini, para siswa ini sedang dilatih Pengurangan Resiko Bencana dan Trauma Healing yang difasilitasi instruktur dari HMJ Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Malang (UM).

Baca: Layani Pendidikan Siswa, SMPN 5 Kepanjen Kuatkan Kepedulian Keluarga Dan Guru

“Kegiatan ini adalah prakarsa HMJ IKM bekerja sama dengan PMI Kabupaten Malang. Program penanggulangan resiko bencana ini memilih sasaran peserta siswa SMA, terutama yang berada di kawasan rawan bencana, bahkan yang sudah pernah berdampak bencana agar sosialisasi lebih tepat sasaran,” terang Apridhona Tito Minayugie, guru pembina ekskul SMAN 1 Ngantang.

Dikatakan, penanganan bencana dan penanggulangan korban pasca bencana sangat penting diketahui terutama mereka yang sehari-hari berada di kawasan dengan resiko bencana. Saat terjadi bencana selain kebutuhan pertolongan fisik, menurutnya korban juga membutuhkan support mental.

Kegiatan di SMAN 1 Ngantang ini diawali dengan penyampaian materi Pengurangan Resiko Bencana (PRB), dilanjutkan Psichology Support Program (PSP), dan diakhiri dengan simulasi.

Dengan menggandeng PMI Kabupaten Malang selaku fasilitator, kegiatan yang berdurasi 5 jam ini sukses diselenggarakan. Kegiatan dengan tema “Menciptakan Generasi Siap Sigap Tanggap dalam Rangka Mewujudkan Sekolah Siaga Bencana” sangat sesuai dengan agenda SMAN 1 Ngantang yang tengah merintis Sekolah Aman Bencana.

Pewarta: Choirul Amin

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.