Guru TK Kota Malang Dilatih Pemanfaatan IT

Uji KompetensiSejumlah 356 guru TK yang tergabung dalam Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kota Malang mengikuti pelatihan Informasi dan Teknologi di Aula Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang, Rabu (9/9/2015). Pelatihan ini digelar selama tiga hari hingga Jumat (11/9/2015).

Lutviya SPd SPsi, Ketua IGTKI Kota Malang menjelaskan, pelatihan ini ditujukan untuk menambah dan mengembangkan pengetahuan dan penguasaan teknologi guru TK. Apalagi, katanya, era saat ini guru-guru dituntut lebih cepat dalam memanfaatkan teknologi IT dalam mendukung pekerjaannya.

“Saat ini sudah canggih, semua serba online dan harus cepat. Makanya kami mengadakan kegiatan ini untuk menguatkan pemahaman guru-guru ini,” jelasnya.

Selain itu pengisian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) harus disosialisasikan ulang. Dikatakannya, guru saat ini sudah melek teknologi. Namun, masih ada yang membutuhkan bantuan orang lain untuk penggunaan internet.

“Setiap ada workshop, lomba, laporan, kadang harus mengirim email supaya cepat. Tetapi semua terkendala saat guru tidak paham sehingga banyak bertanya atau dikerjakan bersama satu gugus, jadinya buang waktu,” jelasnya.

Pemateri dari Dindik Malang, Samsul Arifin dalam materinya menjelaskan dasar penggunaan internet. Mulai dari macam-macam browser yang dapat digunakan, alamat-alamat internet yang umum digunakan seperti mesin pencari google.com.

Menariknya, pendanaan kegiatan workshop ini merupakan dana pribadi peserta yang merupakan perwakilan sekolah. Kepala Dindik Malang, Zubaidah pun mengapresiasi kegiatan yang diadakan IGTKI Kota Malang karena mengadakan pelatihan dengan dana pribadi. (fn/min)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.