Beranda PAUD Guru TK Kepanjen Suguhkan Seni Kearifan Lokal

Guru TK Kepanjen Suguhkan Seni Kearifan Lokal

414
0
BERBAGI
Guru TK Kepanjen Suguhkan Seni Kearifan Lokal

KEPANJEN – Sejumlah perempuan dengan kostum dan busana menarik tampak berbaris sedemikian rupa di panggung kecil yang ada di aula pertemuan kantor UPTD TK/SD dan PLS Kecamatan Kepanjen, kemarin (7/12). Dalam beberapa kelompok mereka secara bergiliran menunjukkan kreasi penampilan masing-masing.

Para ibu-ibu ini adalah pendidik TK yang tergabung dalam lima gugus sekolah TK se Kecamatan Kepanjen. Dengan kreativitas masing-masing, penampilan mereka hampir semuanya mengedepankan seni Islami. Mulai dari seni albanjari, qasidah hingga tarian Timur Tengah.

Guru TK Kepanjen Suguhkan Seni Kearifan Lokal

Para guru TK dari Gugus 5 misalnya, menampilkan seni nyanyian diiring alunan musik tradisional angklung yang tergabung dalam grup Angklung the 5 (DheLima). Penampilan tak kalah menarik adalah dari grup salawatan Azzahra AlBanjari dari Gugus 2 dan Qosidah Wali Songo dari Gugus 1. Paling menghibur adalah suguhan Tarian ala Timur Tengah diringi dengan Nyanyian dari peserta Gugus 3.

Ketua IGTKI Kepanjen, Nanik Sulianti, MPd mengungkapkan, penampilan para pendidik TK dalam kelompok gugus masing-masing ini adalah untuk meramaikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menyongsong peringatan Hari Ibu 22 Desember. Menurutnya, dengan memberi penampilan kreasi Islami mereka diharapkan memiliki keberanian dan lebih termotivasi menyampaikan syiar Keislaman melalui seni.

“Kami mendorong para guru TK untuk juga berani tampil unjuk kreativitas dan menonjolkan kearifan lokal wilayah masing-masing. Terbukti mereka juga bagus-bagus penampilannya,” terang Kepala TK PGRI 3 Kepanjen ini, kemarin.

Terpisah, kepala UPTD TK/SD dan PLS Kecamatan Kepanjen Drs Ajit Sukiono MSi mengungkapkan, peringatan maulid Nabi ini juga bertujuan sebagai sarana peningkatan keimanan dan ketaqwaan guru agar bisa mendidik dan melatih dalam rangka memperkuat pendidikan karakter anak.

Pewarta: Choirul Amin

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here