Guru dan Kasek Berprestasi 2017 Didominasi Sekolah Pinggiran. Ini Dia Daftarnya

Inspirasicendekia.com, MALANG – Pendidik dengan kemampuan terbaik banyak didominasi dari sekolah pinggiran dan belum favorit. Mereka terbukti kompeten dengan memiliki kinerja profesional lebib baik di banding pendidik wilayah perkotaan.

Setidaknya, ini tergambar dari hasil Seleksi Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi 2017 jenjang TK/SD/SMP Dinas Pendidikan di Kabupaten Malang. Dari hasil seleksi yang dilakukan beberapa tahap ini, hampir semua pendidik dengan hasil penilaian tertinggi menjadi guru di sekolah wilayah pinggiran Kabupaten Malang.

Guru dan kepala sekolah berprestasiSeleksi Guru dan Kepala Sekolah Berprestasi 2017 jenjang TK/SD/SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Malang sendiri dilaksanakan pada 27 April 2017. Seleksi ini diikuti 31 guru dan 18 kepala TK. Sedangkan, jenjand SD diikuti perwakilan 33 kecamatan dan 56 guru jenjang SMP.

Koordinator Pengawas TK/SD Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Dr Nawaji MPd mengungkapkan, peserta seleksi adalah peserta guru dan kepala TK dan SD masing-masing kecamatan. Sementara, jenjang SMP harusnya diikuti semua lembaga sekolah yang ada. Akan tetapi, untuk jenjang SMP sekitar 15 wakil sekolah tidak hadir. Sedangkan, jenjang TK/SD dua kecamatan nihil peserta, yakni dari kecamatan Kalipare dan Pagak.

“Tetap saja ada perwakilan sekolah dan kecamatan yang tidak ikut. Salah satu sebabnya, mungkin karena kesiapan kurang,” kata Nawaji.

Dikatakan, materi seleksi sesuai kompetensi ditambah pengetahuan umum dalam bentuk ujian tulis dan wawancara. Sebelum ditentukan terbaik, peserta 6 besar diharuskan presentasi hasil tulisan karya ilmiah untuk diambil 3 besar. Selanjutnya, kata Nawaji, bagi peringkat 1-3 tim juri melakukan kunjungan di lembaga tempat yang bersangkutan mengabdi. Penilaian kunjungan lapangan ini dilakukan untuk memastikan apa yang ditulis dalam karya ilmiah apakah sesuai adanya.

“Hasil seleksi guru dan kepala sekolah berprestasi tahun ini meningkat dibanding tahun-tahun sbelmunya. Ini terutama pada penguasaan IT guru dalam menunjang pembelajaran,” kata Nawaji.

Dari hasil akhir untuk jenjang SD, kepala SDN berprestasi terbaik ditetapkan pada Umi Maghfiroh MPd, kepala SDN Ngabab kecamatan Pujon. Sedangkan peringkat 2 dan 3, berturut-turut diraih Subariyanti SPd MSi (kepala SDN Kalisongo 2 Dau) dan Miarsih SPd MPd (SDN Wonorejo 1 Singosari). Untuk guru, guru berprestasi peringkat 1 diraih Aini Risqoh SPd, MPd (Karangploso), disusul peringkat 2 dan 3, Siti Marfudiyah (Sumberpucung) dan Retno Mulyaningsih (Singosari).

Berikut daftar peringkat 3 besar terbaik hasil seleksi Guru SMP Berprestasi 2017: Peringkat 1: Tea Terena O, SPd, MPd (SMPN 2 Pagak); Peringkat 2: Titin Nurhayati, SPd (SMPN 2 Gondanglegi); Peringkat 3: Endri Herdian (SMPN 1 Bantur). [min]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.