Beranda KAMPUS Gamelan FITK UIN Maliki Malang Hibur Pengunjung Expo di Perhelatan ICIS KE-4

Gamelan FITK UIN Maliki Malang Hibur Pengunjung Expo di Perhelatan ICIS KE-4

326
0
BERBAGI
Hibur Pengunjung Expo di Perhelatan ICIS KE-4

Gamelan jelas bukan musik yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia apalagi pegiat musik dan seni tradisional seperti wayang. Popularitasnya telah merambah berbagai benua dan telah memunculkan paduan musik baru seperti Jazz-Gamelan.

Kreasi dan ekspresi bermusik gamelan kekinian FITK (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan) ini pula yang disuguhkan meramaikan EXPO ICIS ke-4 di UIN Malang belum lama ini. Kreasi musik yang dimainkan mahasiswa FITK Jurusan PGMI (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) ini memberikan suguhan alunan irama musik Jawa di sela-sela acara tersebut.

Pertunjukan musik gamelan di stand EXPO yang dimainkan tiap harinya itu merupakan permainan gamelan klasik dan juga kontemporer. Dengan membawakan berbagai lagu yang sudah dikreasi sendiri, mahasiswa yang tergabung dalam Sanggar Budaya Daerah FITK itu mampu menghibur dan membuat takjub setiap pengunjung yang lalu lalang di depan stand EXPO setiap hari.

Alunan musik gamelan yang meramaikan stand itu mampu membuat banyak pengunjung tertarik untuk menyaksikan dari dekat di stand FITK. “Saya sangat tertarik dengan permainan musik gamelan ini. Sebelumnya saya kira gamelan adalah musik tradisional, tetapi disini gamelan tidak terlihat kuno, malah dikreasikan dengan instrumen music yang lain”, kata Rizki, salah satu pengunjung EXPO UIN Malang.

Riki, salah satu pemain musik di Sanggar Budaya Daerah FITK UIN Maliki mengungkapkan kebanggaannya bisa menampilkan gamelan Jawa dengan ide paling unik di EXPO yang diselenggarakan oleh UIN Malang.

“Gamelan jawa juga merupakan alat musik bersejarah Indonesia. Sebuah warisan budaya yang tidak boleh dilupakan dan harus selalu dikembangkan. Inilah yang menjadi sebab FITK UIN Malang merasa pantas meyuguhkan gamelan Jawa dalam pameran ini’, ucapnya.

Selain alat musik gamelan, irama musik angklung juga menjadi salah satu alat musik asli Indonesia yang ditampilkan. Tak ketinggalan, kreasi mahasiswa FITK lainnya seperti kesenian kaligrafi, hiasan dinding 3 dimensi, pahatan, dan lain sebagainya.

Pewarta: azl dan Nugraha Chandra Purnama

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here