10 Fakta Menarik Tentang Burj Khalifa

Pembaca Inspirasi Cendekia, tahukah anda tentang gedung pencakar langir tertinggi dunia? Ya, benar sekali, Burj Khalifa adalah gedung tertinggi di dunia yang berasal dari Negara timur tengah, Uni Emirat Arab tepatnya di Kota Dubai. Resmi dibuka pada 04 Januari 2010 silam, bangunan berisi 160 lantai dengan ketinggian mencapai 828m itu menjadi yang tertinggi di dunia setelah mengalahkan Abraj Al-Bait di Kota Mekkah, Saudi Arabia dan Taipei 101, Taiwan.
Gedung yang dibangun selama 2004-2010 ini memiliki segala kehebatan arsitektur dan fakta menarik yang membuatnya menjadi terkenal di seluruh dunia. Apa saja? Berikut 10 fakta menarik Burj Khalifa seperti dilansir oleh robertqtillsonburg.com:

10 Fakta Menarik Burj Khalifa

1. Dengan ketinggian 868 meter, Burj Khalifa bisa dikatakan dua kali lebih tinggi dari Empire State Building, New York, Amerika Serikat dan tiga kali lebih tinggi dari menara Eiffel, Perancis.

2. Burj Khalifa telah memecahkan beberapa rekor sekaligus, yaitu sebagai bangunan berstruktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia, lantai tertinggi yang dihuni manusia di dunia, dan dek observasi outdoor tertinggi di dunia.

3. Catatan arsitektur Burj Khalifa menyatakan bahwa berat beton yang digunakan untuk membangun gedung tersebut setara 100.000 gajah. Adapun jumlah baja untuk strukturnya setara banyaknya baja pada lima pesawat Airbus 380.

4. Desain bangunan secara keseluruhan mengadaptasi bentuk bunga Hymenocallis dari Yunani.

5. Bangunan ini dirancang oleh perusahaan asal Korea Selatan, Samsung Engineering and Construction.

6. Pembangunan Burj Khalifa menghabiskan biaya yang tak tanggung-tanggung, yakni sebesar 1,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp. 19,5 triliun (kurs Rp. 13.000).

7. Dalam proses pengerjaan konstruksinya, sekitar 12.000 pekerja dikerahkan untuk melaksanakan proyek tersebut.

8. Begitu tingginya Burj Khalifa hingga ujung bangunannya dapat terlihat dari jarak 95 kilometer.

9. Awalnya, bangunan ini dinamakan Burj Dubai, namun kemudian diganti menjadi Burj Khalifa untuk menghormati Sheik Khalifa bin Zayed al Nahyan, penguasa Abu Dhabi yang telah menyelamatkan Dubai dari kebangkrutan pada 2009 silam.

10. Burj Khalifa dilengkapi dengan 54 lift dengan kecepatan 60 km/jam dan yang terpanjang di dunia.

Pewarta: Nugraha Chandra Purnama

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.