Drs Agus Winarno; Pelopor Teater Sekolah, Menebar Kebaikan dengan Berkreasi

Inspirasicendekia.com, KEBERADAAN sekolah di wilayah pinggiran tentunya sangat penting untuk menghindarkan masyarakat dari kebodohan. Namun, pendidikan dan pembelajaran yang sarat nilai kebaikan dan bisa membangkitkan motivasi berprestasi pelajar di wilayah pedesaan jauh lebih penting.

Pendidikan yang membangkitkan potensi dan motivasi ini salah satunya yang banyak dilakukan Drs Agus Winarno, guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Donomulyo Kabupaten Malang. Dengan kemampuannya di bidang drama dan sastra, Winarno mampu menghadirkan pembelajaran bermaka yang menyenangkan. Ia pun telah banyak melahirkan talenta-talenta berbakat melalui kegiatan teater sekolah yang diprakarsainya.

Dunia drama memang tidak asing bagi Agus Winarno. Pria kelahiran Pacitan, 11 Agustus 1967 silam ini,
memang sudah aktif dalam dunia teater sejak 1988 dan menggeluti teater sekolah sejak 1992. Semasa menjadi guru di SMPN 2 Donomulyo ini, ia membina kelompok kreatif teater sejak tahun 2000 sampai sekarang.

“Dalam belajar bermain drama, pada dasarnya siswa belajar bagaimana berkomunikasi, berkreasi, bekerja sama, dan berkelana untuk kebaikan,” kata Gus Win, sapaan akrabnya, Selasa (17/10) pagi.

Tak sekadar hiburan dan bermain peran, pembinaan Gus Win dalam teatet sekolah pun telah banyak menebar motivasi berprestasi peserta didiknya dalam berbagai lomba dan festival. Tercatat, selama empat kali beruntun dua tahun sekali sejak 2003 sampai 2011 silam, teater sekolah binaannya selalu tampil mewakili Kabupaten Malang pada ajang Pekan Seni Pelajar (PSP) se Jawa Tim.

Pada ajang ini, untuk kategori teater sejumlah prestasi pun diperoleh, diantaranya penghargaan penulis naskah terbaik, sutradara terbaik, dan penampil terbaik. Paling anyar, pada Festival Teater SMP se Jatim di UM dalam rangka Bulan Bahasa Oktober 2014 lalu, penampilan anak didik dalam teater garapannya juga mendapatkan penghargaan musik terbaik dan artistik terbaik.

Bagi Gus Win, berkarya tidak hanya di atas pentas seni saat lomba. Apapun kreasi yang dihasilkan bersama anak didiknya dari pembinaan kegiatan siswa juga dikreasi dalam bentuk klip video atau film pendek dan diunggah ke media sosial. Tidak kurang sepuluh video bertema musikalisasi puisi, drama pendek, atau tembang campursari kreasi anak didik SMPN 2 telah diunggahnya di youtube.

“Proses itu (bagian dari) pembelajaran. Semua butuh proses, berarti semua perlu terlibat dalam pembelajaran. Apa yang dihasilkan juga pembelajaran untuk menerima dan menata langkah berikutnya. Semua hasil karya salalu ada lebih dan kurangnya. Jadi, semua istimewa pada saatnya, setidaknya saat itu,” demikian yang diyakini bapak empat anak ini.

Dalam kesehariannya bergelut di dunia teater sekolah ini, Agus Winarno terbilang guru kompeten dan profesional. Ia aktif dalam kegiatan pelatihan Impelmentasi Kurikulum 2013 sebagai instruktur. Berkat pengalaman terbaiknya, ia menjadi salah satu guru model dalam video pembelajaran yang dikembangkan pihak Kemdikbud RI. [rul]

Vote Drs Agus Winarno untuk menjadi guru inspiratif.

[socialpoll id=”2464702″]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like
11 Comments
  1. Tea Terina says

    Aku berharap vote untuk Bp Guswin terus bertambah dari hari ke hari

    1. Ameen says

      Mestinya suara e lbh banyak. Krn artikelnya pling banyak viewer e. Dukung monggo bu…yg belum…

  2. Lilis Suhartiningsih says

    Pak Gus Win menjadi inspirasiku dan kebanggaanku…
    Tetap semangat Bapak.

  3. oktavia says

    pak aguswin… semangat ya pak….
    ,

  4. Odies Tasya says

    Pak Agus , semangat!!!

  5. Ella Linda Rosyana says

    Semangat pak agus win

  6. Yayuk Serli w says

    Semangat!!!

  7. kartolo says

    sukses bapak, mas win…hehe…

  8. Yudha says

    Woww semangat yhaa Pak Guswin Agus Winarno

  9. Yudha says

    Woww semangat yha pak Guswin Agus Winarno..

    1. Redaksi says

      Sudah vote, Pak? Silahkan vote kalo belum ☺

Leave A Reply

Your email address will not be published.