Beranda APRESIASI Drama Sarat Nilai Karakter ‘Prajurit Zak Zak’, Digarap Tak Lebih Dua Pekan

Drama Sarat Nilai Karakter ‘Prajurit Zak Zak’, Digarap Tak Lebih Dua Pekan

137
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, MALANG – SATU lagi, drama sarat nilai karakter berhasil dibuat Kelompok Kreatif SMPN 2 Donomulyo (KKSD). Drama garapan anyar berjudul Prajurit Zak Zak ini berkisah bagaimana sebuah heroisme bisa dilakukan secara arif tanpa membabi buta.

Drs Agus Winarno, guru Bahasa Indonesia pembina KKSD menuturkan, drama “prajurit zak zak” mengisahkan tentang prajurit yang siaga pada ancaman bangsa dan negara nusa antara dari berbagai sektor: ekonomi, politik, budaya, informasi, dan lain-lain. Semua ancaman ini harus didalami, dicari informasinya yang akurat dan tepat.

Namun, di tengah semangat membara para prajurit, sang Panglima Zak Zak ditemui Ibu Kunthi Talibrata yang menjadi saksi perang Barata Yuda, agar membatalkan perang. Sebab, menurutnya perang hanya akan menumpahkan darah dan menumbuhkan dendam abadi.

Bimbanglah sang panglima, hingga para prajurit yang sudah siaga membela pertiwi bersusah pasah membangkitkan kembali kegagahan panglima. Akhirnya, diyakinkan kepada panglima bahwa prajurit siap untuk berperang tanpa pertumpahan darah.

NKRI harga mati
Bangkitlah utk negeri!

Hargai kusuma bangsa
Berjuang di medan laga!

Kini saatnya berkarya
Demi bangsa dan negara!

Begitulah untaian kata penutup drama yang diucapkan secara bersama-sama para pemain.

Menurut Gus Win, sapaan akrab Agus Winarno, tidak butuh waktu lama untuk proses kreatif penggarapan drama ini.

“Drama pendek ini hanya berdurasi 15 menit, dan digarap kurang dari dua pekan,” katanya.

Saat Jambore Bahasa Indonesia pelajar SMP se Kabupaten Malang 28-29 Oktober 2017 lalu, garapan drama Panglima Zak Zak pertama kali ditampilkan di depan peserta dan pendamping jambore saat acara pembukaan. Drama ini diperankan 9 pemain sekaligus pemusik, yang mengesankan tim yang efektif dan solid.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Pudianto MSi yang turut hadir menyaksikan penampilan ini pun cukup apresiatif pada pertunjukan pendek yang apik dan sarat nilai ini. Menurutnya, apa yang ditampilkan para pemain drama ini juga menunjukkan hasil kedekatan guru kepasa siswa dal proses kreatif yang sekaligus memuat pendidikan karakter.

Drama berjudul Prajurit Zak Zak (Oktober 2017) ini adalah garapan karya kelima Agus Winarno bersama anak didiknya. Selama 2017, garapan drama KKSD SMPN 2 Donomulyo) dibuat sebelumnya adalah drama berjudul Pikirkan Pikiranmu (Februari), Ancene Lambe, drama jawa (Maret), Oh Dika, Anakku (Mei), dan Drama Jawa (Agustus). Semua garapan ditampilkan dengan diiringi musik gamelan yang juga dimainkan siswa-siswi. [amn]

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here