Disuguhi Demo Ekskul, Banyak Kesan di Hari Terakhir Pengenalan Sekolah

Inspirasicendekia.com, MALANG.KAB РTidak ada satu pun sudut sekolah di SMA Negeri 1 Dampit yang tidak tampak dari keramaian siswa, Rabu (19/7) siang. Mulai dari lapangan bagian depan hingga paling belakang SMAN ini terlihat aktivitas dan riuh rendah siswa dalam gerombolan masing-masing.

Di lapangan depan, terlihat dua tim siswa yang terdiri yunior dan kakak kelas sedang bertanding, disaksikan sejumlah siswa lain di tribun penonton. Di lapangan tengah, jumlah pelajar dengan seragam olahraga yang tidak sama ini terlihat lebih banyak. Mereka menggerombol dalam kelompok dengan aktivitas futsal dan pecinta alam.

“Ayo perhatikan ya adik-adik, ini aksi terakhir peragaan simulasi panjat tebing,” kata seorang siswa dengan megaphone yang ditentengnya siang itu.

Sejurus kemudian, aksi menuruni lantai dua dengan tali diperagakan seorang anggota ekskul anggota pecinta alam dengan posisi kepala di bawah. Melihat aksi agak ekstrim ini, siswa yang menonton sambil duduk lesehan ini pun sedikit histeris dan menunjukkan ekspresi kagum.

Belakangan, para pelajar ini merupakan siswa baru SMAN 1 Dampit yang tengah mengikuti kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang dilaksanakan sejak Senin, 17 Juli 2017 lalu. Dengan dibimbing kakak kelas, mereka memang tengah asyik mengikuti demo keterampilan sejumlah ekskul yang digelar di tempat terbuka.

Tetapi, ada juga kegiatan yang dilangsungkan di aula sekolah. Yakni, penyampain kegiatan Ekskul Jurnalistik SMAN Dampit. Yang disampaikan kepada para siswa baru ini diantaranya kegiatan seperti wawncara, peliputan kegiatan di sekolah, pengumpulan bahan dan materi berita, layouting dan publikasi.

Waka Kesiswa SMAN 1 Dampit Drs Lukman Hakim mengatakan, kegiatan PLS ini diikuti sejumlah 410 siswa baru. Sejak sehari sebelumnya, katanya, juga digelar kegiatan serupa untuk mengenalkan jenis-jenis ekskul dan pengembangan diri dan menumbuhkan minat siswa berbakat pada ekskul yang telah dikenalnya.

“Kami memiliki 28 jenis ekskul. Paling banyak adalah pembinaan bakat olahraga dan keterampilan,” terangnya.

Selain dikenalkan langsung melalui peragaan oleh anggota ekskul, lanjut Lukman, siswa baru juga diberi sebaran angket untuk mengetahui minat dan tes potensi akademiknya.

“Sudah dilakukan psikotes, TPA (Tes Potensi Akademik), dan peminatan berdasarkan sebaran angket kepada semua siswa,” katanya.

Kegiatan pengenalan ekskul siang itu sekaligus mengakhiri rangkaian program PLS siswa baru. Tepat pukul 14.45 WIB, kegiatan PLS SMAN Dampit pun resmi ditutup kepala sekolah Drs Sugiono M.Pd.

“Anak-anak, kami nyatakan kalian telah lulus ujian tahapan awal sebagai siswa baru. Nantinya, ada ujian lain seperti kenaikan kelas. Semoga semua bisa menjalaninya dengan lebih berprestasi,” harap Sugiono disambut aplaus ratusan siswa yang memadati aula. [rul]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.