Dirjen PSMK Apresiasi Karya Film Siswa SMK Muhammadiyah 5

Banyak cara untuk memotivasi sekolah agar lebih meningkatkan keunggulan dan lebih berprestasi. Salah satunya, dengan memberi tantangan pada siswa dan guru untuk membuat karya dan inovasi yang layak diapresiasi.

Ini pula yang dilakukan Dirjen Pembinaan SMK Kemdikbud Mustaghfirin Amin MBA, dalam kesempatan kunjungannya ke SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, Kabupaten Malang, pada 16 Januari 2016 lalu. Mustaghfirin menjanjikan memberi bantuan fisik berupa perpustakaan atau studio. Syaratnya, siswa mampu membuat karya film pendek. Selain karya film, Mustaghfirin juga meminta kesanggupan siswa setiap pagi mau membaca Alquran hingga 4 ‘ain.

Pernyataan dan janji ini langsung disampaikan pada ratusan siswa kelas XI dan XII di dalam acara dialog Dirjen bersama siswa yang dilangsungkan di Masjid kampus 2 SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen, yang berlokasi di Jl Bromo Sukun Utara, Kepanjen.

Mustaghfirin Amin menyempatkan berinteraksi langsung dengan siswa sekitar 30 menit di dalam masjid sekolah. Pejabat ramah ini juga sempat melayani sesi wawancara live dengan kru eksul TV Broadcast SMKM 5 Kepanjen.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah 5 Arif Joko menegaskan, setidaknya sudah 15 film pernah dibuat siswanya. Bahkan, karya-karya film ini sudah pernah diikutkan festival dan meraih penghargaan terbaik. Sebut saja, film berjudul ‘Bis Surat’ yang meraih juara 1 festival film dan film dokumenter Pramuka, yang juga juara 1 tingkat provinsi Jawa Timur. Juga, film ‘Kibaran Satu Jiwa’ yang menjadi film favorit ajang Malang Film Festival. SMK Muhammadiyah 5 juga memproduksi film berjudul ‘Darah Biru Arema’ dan telah sukses diputar di 15 kota besar di Indonesia.

“Seiring perluasan sekolah menjadi kampus 2, kami berharap lebih dikenal lebih luas oleh masyarakat. Apalagi, selama ini sudah banyak prestasi dihasilkan seiring keberadaan kampus 2 yang merupakan pengembangan sekolah sebelumnya,” kata Arif Joko kepada Inspirasi Cendekia, Selasa (19/1/2016).

Setahun terakhir, setidaknya 9 prestasi berhasil diraih siswa dan guru SMK Muhammadiyah 5. SMK ini ditetapkan sebagai the Best Creative Vocational School 2015 dan Best Excellent School Education 2015. Selain pengahargaan karya film, karya SMK Muhammdiyah 5 juga pernah menjadi juara 3 Lomba Video Pembelajaran dan Lomba puisi Bahasa Jerman tingkat Jawa Timur. Siswa-siswi SMK ini juga pernah dinobatkan sebagai aktor dan pemeran utama terbaik Festival Film Sekolah se Jawa Timur.

Saat ini, SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen memiliki lima program keahlian. Yakni, Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Perbankan Syariah, Broadcasting Pertelevisian, dan Multimedia. (min)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.