Beranda Ragam Dirgahayu Indonesiaku, Warna-warni Kampungku

Dirgahayu Indonesiaku, Warna-warni Kampungku

104
0
BERBAGI

MALANG – Ingat Kampung Warna-Warni dan Kampung Tridi Jodipan di Kota Malang? Kini, hiasan kreatif warna-warni di dalam perkampungan tidak hanya bisa dinikmati di daerah ini saja.

Ya, inspirasi kampung warna-warni kini telah menjadi fenomena. Pekan kedua bulan Agustus ini, jalan-jalan kampung, juga gang-gang kecil, penuh dengan hiasan cat warna-warni kreasi warga kampung setempat. Suasana Agustusan yang dulunya banyak didominasi warna merah-putih seperti Bendera Sang Saka, kini lebih ‘rame’ dengan perpaduan ragam warna nan apik dan tentunya lebih kreatif.

Lihat saja dua gang kampung yang ada di wilayah RW 02 Desa Kedungpedaringan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Di wilayah ini, dua gang yang ada di RT 11 dan 13 sengaja dihias sedemikian rupa hingga mengesankan kampung warna-warni ala warga pedesaan.

Di gang RT 13 misalnya, jalan kampung sepanjang sekitar 300 meter disulap apik dengan digambari berbagai motif. Ada hiasan motif batik kontemporer, gambar kartun hingga gapura unik lengkap dengan kreasi motifnya.

Pemandangan eksotis gang kampung ini sudah terlihat memesona sejak di mulut gang. Bahkan, sepanjang jalan setiap jarak beberapa meter dipasangi lampu hias berbentuk bola berwarna-warni lebih dari 50 buah. Tak ayal, saat malam pun jalan kampung ini bak tempat wisata malam yang menawan.

Wandi (45), warga kampung RT 13 Desa Kedungpedaringan mengungkapkan, waktu pengerjaan menghias jalan kampung mulai dari awal sudah enam hari dan diperkirakan selsai sepuluh harian. Sementara, aktivitas ini sudah menghabiskan 15 galon cat kemasan 5 kilogram. Tema lukisan bermacam-macam, dan ada kreator tersendiri. Menurutnya, kebutuhan cat dan menggambar ini setelah menghimpun dana warga setempat hingga sejumlah Rp 2,5 juta.

“Pengerjaan sengaja malam, abis magrib bahkan sampai dini hari karena biar tidak terganggu selagi pengerjaan. Sebagian warga sampai ikut lembur demi menghias kampung yang menarik ini,” terangnya.

Pemandangan hampir sama tampak di jalan gang RT 11 desa setempat. Dengan motif gambar yang berbeda, jalan kampung yang cukup lebar ini penuh dengan warna-warni lukisan. Bahkan, tembok dua rumah warga di kanan-kiri pintu gang sengaja digambar khusus. Lukisan mural ini pun tak kalah kreatif dibanding jalan kampung sebelahnya.

Fenomena jalan kampung warna-warni juga terjadi hampir banyak tempat lain di Kepanjen. Lihat saja yang ada di Jalan Pandan Panggungrejo Kepanjen. Dengan konsep lukisan tiga dimensi tematik, beberapa ruas jalan kampung sengaja dilukis oleh warganya. Kreativitas warga membuat jalan kampung penuh lukisan ini bahkan sengaja diunggah di akun facebook dengan tagar #nenjapkipaheb. [rul]

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here