Dindik Gelar Lokakarya Pendidik PAUD untuk Pemerataan Kualitas Pendidikan

Inspirasicendekia.com, MALANG – Keberadaan dan pertumbuhan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) harus terus dibarengi dengan kompetensi pendidik dan pengelola lembaganya. Ini karena PAUD sebagai awal pendidikan dasar, merupakan proses pembelajaran dari anak usia dini yang sangat membutuhkan kemampuan dan kompetensi pengajar yang benar-benar tepat bagi tumbuh kembang mereka.

Menyikapi hal ini, Dinas Pendidikan Kota Malang melakukan lokakarya peningkatan kualitas pendidikan PAUD yang diikuti ratusan pendidik PAUD. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, selama 12-15 April 2017 di aula Dindik Kota Malang.

Ditemui di ruang kerjanya, Suyitno kabid Pembinaan Paud dan PNF Dinas Pendidikan Kota Malang mengatakan, lokakarya ini diikuti total peserta 100 orang, yang terdiri dari PAUD formal dan nonformal. Dengan kegiatan ini, kita, pihaknya coba menyentuh lembaga PAUD yang kurang mendapatkan informasi tentang perkembangan pendidika PAUD baik secara kelembagaan atau pun pendidiknya.

Lebih lanjut Suyitno mengatakan, tujuan kegiatan lokakarya adalah untuk menambah kemampuan pembelajaran pendidikan PAUD, dengan sasaran utamanya PAUD yang ada di wilayah pinggiran. Materi yang duberikan pada peserta antara lain tentang kurikulum, bahan ajar, dan simulasi pendidikan PAUD.

“Harapannya setelah mengikuti lokakarya ini, lembaga dan pendidik bisa mengikuti pembelanjaran yang diterapkan di lembaga PAUD yang sudah maju,” katanya, Kamis (13/4).

Suyitno menambakan, para pemateri lokakarya adalah guru yang sebelumnya sudah dilatih sebagai trainer, dua diantaranya merupakan trainer dari provinsi Jawa Timur.

Ditanya tentang perkembangan dan peta mutu pendidikan PAUD di Kota Malang, suyitno menjelaskan bahwa tiap tahun semakin maju.

“Kalau secara kualitas, semua lembaga PAUD jelas tidak sma, disesuaikan sarana dan prasarana, pendidik, dan pengelolaan yang dimiliki. Saya berharap lokakarya seperti ini dapat kita laksanakan setiap tahun,” imbuhnya. [ryn/rul]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.