Diminati Perusahaan Alat Berat, Keterserapan Alumni SMKM 1 Meningkat

Inspirasicendekia.com, MALANG – Angka keterserapan lulusan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen bertambah. Sebuah perusahaan yang beroperasi di bidang alat berat pertambangan menggelar perekrutan kerja lulusan SMK ini, Ahad (2/8).

“Sejumlah 72 alumni SMK Muhammadiyah 1 mengikuti tes rekrutmen ini. Peserta rekrutmen sekitar 10 orang juga berasal dari SMK lain,” demikian Puji Hartono, Koordinator Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, ketika rekrutmen masih berlangsung.

Dikatakan, perusahaan ini adalah PT Putra Perkasa Abadi (PPA) yang berbasis Kalimantan Timur. Tes rekrutmen langsung dari pihak perusahaan.

“Setahun ini sudah yang ketiga kali ini PT PPA mengadakan rekrutmen di SMKM 1 Kepanjen. Pertama merekrut 48 alumni, lalu yang kedua 28 orang,” imbuhnya.

Menurut Puji, peserta rekrutmen kali ini adalah lulusan tahun 2018 ini. Alumni SMKM 1 Kepanjen sendiri yang lulus dan langsung direkrut kerja sejumlah 68 persen.

“Dengan demikian, hingga saat ini keterserapan alumni yang terekrut kerja bertambah mencapai sekitar 86 persen. Perusahaan yang telah melakukan rekrutmen melalui BKK SMKM 1 setidaknya 22 industri,” ungkapnya.

Para peserta tes rekrutmen PT APA ini adalah alumni dari semua jurusan atau program keahlian yang ada. Nantinya, sebelum dikontrak resmi sebagai karyawan, mereka harus magang kerja selama 12 bulan. Dengan 500 jam kerja minimal saat magang kerja, mereka sudah bisa pegang unit atau mesin sebagai operator.

Menurut Puji, masa tunggu alumninya maksimal setahun untuk terserap kerja. BKK SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen sendiri mencakup area coverage perekrutan wilayah Kabupaten Malang, khususnya Malang Selatan, termasuk Blitar dan Lumajang. Ada sekitar 18 SMK dalam satu area dalam lingkup kerja BKK SMKM 1.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.