Beranda PUBLIK Didukung Rp 5 Miliar, Hari Jadi Diharapkan Rangsang Geliat Wisata Kreatif

Didukung Rp 5 Miliar, Hari Jadi Diharapkan Rangsang Geliat Wisata Kreatif

78
0
BERBAGI

MALANG – Pemerintah Kabupaten Malang berharap rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1257 sukses dan bisa dinikmati warganya. Setidaknya Rp 5 miliar lebih dibutuhkan untuk mendukung acara tahunan ini. Seperti apa acaranya?

Dalam keterangan pers di Pendopo Pemkab Malang, Bupati Rendra Kresna menegaskan, rangkaian Hari Jadi Kabupaten Malang akan diramaikan banyak acara menarik yang dipusatkan di kawasan Jalur Lintas Selatan (JLS). Dengan begitu, diharapkan even Hari Jadi ini bisa memberi dampak mengangkat pariwisata dan industri kreatif.

“Agar sukses, acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang melibatkan banyak sektor selain sejumlah OPD. Dampaknya, diharapkan sektor pariwisata dan industri kreatif semakin maju dan tumbuh banyak,” kata Rendra Kresna, kepada awak media, Selasa (7/11) siang.

Dikatakan, selama 2016 lalu tercatat 5 juta lebih angka kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri. Sejumlah188 ribu merupakan wisman.

“Kami berharap tumbuh kembangnya ekonomi kreatif,  jadi wisatawan nusantara yang prioritas harus ditarik. Nantinya, disediakan tempat atau stand gratis untuk pelaku industri kreatif dan UMKM,” imbuhnya.

Rendra menambahkan, nantinya ada juga pameran hasil-hasil pembangunan. Terhitung ada 37 kabupaten/kota dari berbagai daerah di Indonesia yang ikut berpartisipasi di stand pameran ini.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Pemkab Malang Tridiyah Maestuti selaku ketua pelaksana peringatan Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1257 mengungkapkan, total perputaran dana kegiatan peringatan bisa mencapai Rp 5 miliar. Sekitar 70 persen atau tidak lebih dari 3-4 miliar bersumber dari APBD. Sisanya, anggaran dana juga berasal dari pihak ketiga atau sponsorship.

“Perayaan Haro Jadi tidak hanya untuk kepentingan pemkab Malang, melainkan untuk bisa dinikmati dan kembali untuk kesenangan masyarakat Malang,” katanya. [min]

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here