Beranda INSPIRASI Dari Dunia Balapan Liar, Kini The Best Fotografer

Dari Dunia Balapan Liar, Kini The Best Fotografer

684
0
BERBAGI

hayu yudha prabowoGogon, begitulah pria ini akrab disapa teman-temannya, adalah penghobi dunia lubang jarum. Bertahun-tahun, selama kuliah di kampus putih Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Hayu mulai kenal dengan kamera dan fotografi semenjak bergabunga dengan UKM Fotografi Fokus di kampus setempat.

Selama menggeluti fotografi, efek pengambilan gambar hitam-putih menjadi spesialisasi Hayu. Totalitasnya pada fotografi juga bisa dibilang penuh. Jika sudah memasuki kamar studio, bisa dipastikan Hayu adalah orang paling betah hingga berjam-jam lamanya.

Awal menekuni fotografi jurnalistik adalah ketika Hayu Yudha bergabung dengan sebuah tabloid mingguan KORAN PENDIDIKAN. Hayu menjadi fotografer tabloid ini setidaknya selama lima tahun, sejak 2004 silam. Namun, tiga tahun menekuni foto jurnalistik, karya foto Gogon sudah mampu menembus persaingan lomba fotografi nasional yang digelar sebuah produsen peralatan mandi ternama. Ya, pada 2007, karya fotografi human interest Hayu Yudha dinobatkan sebagai yang terbaik menjadi juara 1.

Penghargaan ini menjadikan motivasi tersendiri Hayu Yudha untuk meningkatkan kemampuan dan hasil jepretannya. Tiga tahun berselang, ia kembali menjadi nominasi kontes foto jurnalistik yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI)-Carefour.

Setidaknya, lima penghargaan juara pernah diraihnya. Paling banyak diraih pada 2012 silam, dengan memenangi dua penghargaan sekaligus. Yakni, menjadi juara 3 lomba foto yang digelar Kementerian Pertanian dan juara 1 kontes foto Sampoerna Asyiik Festival.

Kreativitas hasil bidikan foto Gogon semakin terlihat saat ia bergabung menjadi fotografer Harian Surya (grup KOMPAS) Malang sampai sekarang. Membidik obyek liputan dari celah sempit, adalah teknik yang sepertinya paling disukai pria kelahiran Ngawi, 1979 ini.

Kreativitas dan berbagai prestasi fotografi ini pula yang menginspirasinya berbagi ilmu fotografi. Ya, Gogon dan teman-teman seprofesinya berinisiatif membentuk sekolah fotografi gratis kepada penghobi fotografi pemula. Setiap akhir pekan, Gogon membuat kelas fotografi dan banyak menjelajah tempat-tempat publik sebagai obyek bidikan foto bersama puluhan binaannya. [min]

National Award yang Pernah Diraih Hayu Yudha Prabowo 

  1. Second Prize for Ministry of Research and Technology Photo Contest (2014)
  2. Nominated for AJI-UNICEF Photojournalism Contest which raised the issue of child
  3. Nominated for Indonesia Photo Journalist Award (PFI) (2012)
  4. First Prize for Sampoerna Asyiiik Fest Photo Contest
  5. Third Prize for Ministry of Agriculture Photo Contest
  6. Nominated for Prapanca Cup, Indonesian Journalists Association (PWI) East Java
  7. First Prize for Ministry of Energy and Mineral Resources Photo Contest (2011)
  8. Nominated for Bank Indonesia Photo Contest
  9. Nominated for Election Supervisory Board (Bawaslu) Photo Contest
  10. Nominated for AJI-Carefour Photo Contest (2010)
  11. First Prize for Pepsodent Photo Contest (2007)

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here