Beranda PARENTING Cara Cerdas Mendidik Anak Usia Dini Sesuai Karakter Mereka

Cara Cerdas Mendidik Anak Usia Dini Sesuai Karakter Mereka

485
0
BERBAGI
Cara Cerdas Mendidik Anak Usia Dini Sesuai Karakter Mereka

Pendidik anak usia prasekolah dituntut mampu memberikan pembelajaran yang tepat pada anak usia dini. Mengahadapi anak-anak, mereka pun diharapkan lebih bisa memahami karakter dan perilaku anak selama aktivitas belajar mereka.

Sadar akan tuntutan ini, ratusan pendidik RA yang tergabung dalam IGRA Kabupaten Malang mengikuti Pelatihan Bimbingan Perilaku Anak (BPA) Berbasis IT, yang digelar di aula Kantor Kemenag, Ahad (13/3/2016). Dalam pelatihan ini, melalui sebuah aplikasi program komputer BPA, berbagai karakter dan perilaku anak bisa dikenali berdasarkan usia dan tahapan perkembangan masing-masing.

Dengan aplikasi BPA berbasis online ini, pendidik prasekolah bisa mendeteksi karakter/perilaku anak layaknya seorang guru BP/BK (Psikolog Anak). Melalui aplikasi ini kita lebih mudah mengetahui permasalahan anak dan mampu memberi solusi yang baik dan tepat bagi orang tua dan anaknya.

Pelatihan ini digelar dua gelombang. Jumlah peserta pelatihan hari ini sebanyak 200 orang lebih. Totalnya,  peserta bisa mencapai 500 lebih guru se Kabupaten Malang. Selain materi BPA, peserta juga dilatih pengoperasian Aplikasi Administrasi Sekolah. Kesempatan mengikuti Pelatihan Bimbingan Perilaku Anak Berbasis IT ini tentunya menjadi pengalaman berharga bagi peserta. Gita Danisyah misalnya, guru RA AL AMANAH asal Pendem, Pakisaji, mengaku sangat mendapatkan manfaat dari pelatihan ini. Menurutnya, dengan workshop atau pelatihan ini, para guru menjadi terbantu karena bisa memberikan pola pengasuhan dan pembelajaran yang tepat sesuai karakter anak didik.

“Alhamdulillah, pengisian acaranya sangat bermanfaat. Materinya sangat penting sehingga kami menjadi terbantu dan bisa menerapkannya,” kata Gita.

Print
PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here