Beranda KAMPUS Buka Ospek UM, Rektor: Lulus Kuliah Jangan Semata Mendapat Ijasah

Buka Ospek UM, Rektor: Lulus Kuliah Jangan Semata Mendapat Ijasah

98
0
BERBAGI

MALANG – Hall Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) penuh sesak oleh lautan mahasiswa baru, Senin (14/8) pagi. Sejumlah 6.571 maba UM tahun akademik 2017/2018 ini mengikuti upacara pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Upacara pembukaan dipimpin oleh Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, MPd. Dengan tema Penanaman Nilai-nilai Kebangsaan, dalam amanatnya Rektor banyak berpesan kepada seluruh mahasiswa baru agar terus mengembangkan potensi diri masing-masing untuk sebuah tujuan bersama Indonesia hebat di masa akan datang.

“Saudara tidak hanya datang ke kampus selama delapan semester, kemudian lulus dan mendapatkan ijasah, tetapi harus lebih dari itu. Di Universitas Negeri Malang ini harus lahir orang-orang yang membawa perubahan bagi pembangunan bangsa dan negara Indonesia,” tegasnya.

Rektor yang juga Guru Besar Bahasa Indonesia UM ini menambahkan, bahwa setiap warga negara wajib untuk melakukan bela negara. Dikatakan, bela negara tidak selalu bermakna dalam kegiatan militer, tetapi sebuah kondisi dimana kita sebagai warga negara hadir manakala negara membutuhkan peran kita dalam pembangunan.

Sementara itu, Wakil Rektor III UM, Dr. Syamsul Hadi, memastikan bahwa kegiatan PKKMB 2017 akan bebas dari aksi perploncoan, kekerasan fisik dan mental. Bagi panitia yang kedapatan melakukan kekerasan kepada maba, tegasnya, akan ditindak tegas sesuai sanksi dan ketentuan perguruan tinggi.

 

“Kegiatan PKKMB akan kami awasi dengan ketat. Ada tim pengawas yang senantiasa mendampingi kegiatan sampai dengan selesai,” tegas Syamsul.

Sesuai jadwal, kegiatan PKKMB akan dilaksanakan selama 6 hari (14-19 Agustus 2017). Pada hari pertama ini, kegiatan difokuskan di Graha Cakrawala UM, dengan materi Pengenalan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Pendidikan Tinggi di Indonesia, Bela Negara, serta Pembinaan Keagamaan Muslim dan Non Muslim. [rul]

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here