Berempati, Pelajar SMPN 4 Dibiasakan Karakter Positif

Inspirasicendekia.com, MALANG – Melatih kepekaan sosial dan berempati sejak dini sangat perlu dilakukan. Dengan kepekaan sosial tinggi, maka pelajar akan juga memiliki sikap dan karakter yang kuat hingga kelak nanti.

Empati dan kepedulian sosial ini seperti yang ditunjukkan di lingkungan sekolah dan dalam diri pelajar SMPN 4 Kepanjen, Kabupaten Malang.

“Kami tanamkan pada anak-anak dengan selalu membiasakan hal-hal baik. Diantaranya, dengan memiliki empati dan kepedulian pada sesama dan lingkungan,” demikian Kepala SMPN 4 Kepanjen, Supriyanto.

Ia mengungkapkan, pembiasaan perilaku yang baik ini merupakan penguatan karakter yang bisa diwujudkan melalui berbagai kegiatan. Dengan terbiasa berperilaku yang baik-baik, lanjut Supriyanto, diharapkan bisa menjadikan anak kreatif, disiplin, tertib, peduli, tertib, mandiri, dan bertanggung jawab, terutama tanggung jawab pada diri sendiri.

“Anak-anak tidak cukup punya ilmu dan pengalaman, juga harus berperilaku yang baik. Belajar di sekolah, maupun di rumah, tidak perlu lagi diingatkan,” tegasnya.

Ditambahkan, sekolah harus membekali anak agar memiliki kecerdesan intelektual, juga emosional dan spiritual. Setidaknya, sepekan sekali siswa-siswi SMPN 4 diajak melakukan istighotsah atau berdoa bersama.

Belum lama ini misalnya, keluarga Besar SMPN 4 melakukan aksi peduli sesama dalam kegiatan “Pray For Palu”. Mereka bersama-sama berdoa bagi keselamatan dan kekuatan atas dampak musibah yang terjadi di Palu, Sulawasi Tengah.

“Anak-anak juga kami libatkan memberi bantuan donasi untuk disalurkan ke korban musibah Palu sejumlah setidaknya Rp 11 juta. Donasi melalui transfer bank, dan dilewatkan secara kolektif ke Kwarcab Pramuka Kabupaten Malang,” pungkas Supriyanto. [rul]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.