Berdayakan Pemuda, Yayasan Kiraku Indonesia Latih Digital

Inspirasicendekia.com, MALANG – Gebrakan baru pemberdayaan masyarakat dilakukan Yayasan Kiraku Indonesia Turen Kabupaten Malang. Yayasan nonprofit ini menggelar pelatihan enterprenership untuk peningkatan ekonomi kerakyatan selama Rabu-Kamis, 5-6 September 2018.

Generasi muda dan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) pemula menjadi sasaran peserta pelatihan. Dengan memanfaatkan teknologi digital, para peserta digembleng untuk bisa menjadi enterpreneur nantinya.

“Peserta diberi materi soal kompetensi softskill, seperti moral dan etos kerja sebagai modal menjadi enterpreneur. Juga tentang skill apa saja yang bisa mendukung sukses berwirausaha,” terang Nur Hariyanto, pembina Yayasan Kiraku Indonesia, kemarin.

Dikatakan, pelatihan ini sebagai upaya awal dan masih perlu penajaman. Nantinya, akan ditindaklanjuti dengan pelatihan lebih spesifik, seperti manajemen keuangan, pemasaran dan produksi.

Peserta pelatihan digital enterpreneur bersama mentor dan dewan pengurus Yayasan Kiraku Indonesia.

“Hasilnya, diharapkan menjadi embrio untuk bisa membangun usaha bersama. Agar berhasil, konsep usaha dengan pemasaran bersama dan harus merangkul perusahaan yang peduli,” imbuh bekas wakil kepala Divisi Munisi II PT Pindad ini.

Menurut Nur Hariyanto, peserta akan dijadikan pelaku-pelaku usaha binaan, yang modal kerjanya terbatas bisa konsinyiasi (bagi hasil). Atau, betul-betul mendirikan usaha baru dengan konsep patungan.

Pelatihan yang dilangsung Gedung Pola PT Pindad Turen ini diikuti sejumlah 50 peserta dengan rentangan usia 18-35 tahun tanpa biaya alias gratis. Selain difailitasi PT Pindad, kegiatan ini juga didukung pihak Universitas Wisnuwardhana Malang dan STIKEN Jaya Negara, serta pengusaha lokal sukses seperti dari Turen Indah Group dan PT Lumba-lumba.

“Visi kami berangkat dari wawasan kebangsaan, ingin berbuat kecil pun, tapi tetap bermanfaat bagi bangsa dan negara. Tidak malah jadi beban dan merepotkan negara,” pungkas alumni jurusan Teknik Kimia dan Magister Manjemen Industri ITS ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.