Berat Badan Turun Ideal Pasca Berpuasa, Mau Dong!

Inspirasicendekia.com – Sudah turun berapa kilo berat badan kamu setelah berpuasa selama 1 bulan? Nah, bagus sekali jika berat badan kalian sudah ideal pasca berpuasa. Tetapi pasti, akan ada ‘makanan penggoda’ di sekitar kita yang pasti tak bisa kita tahan memakannya.

Ingin berat badan yang sudah turun tetap ideal pasca lebaran? Nah, berikut beberapa trik jitu untuk mempertahankan berat badan yang sudah turun tersebut seperti dilansir situs web www.marilangsingalami.com:

1. Jangan Lupakan Sarapan
Jika ingin menjaga berat badan tetap ideal, jangan pernah melupakan sarapan. Karena, makanan itu adalah asupan energi bagi kita. Jika sudah mulai kelaparan, pasti tak bisa dihindari lagi makan-makanan yang banyak. Intinya, makan dengan teratur dan jangan ditunda.

2. Mengunyah Makanan
Menguyah, tentu hal ini juga penting untuk diperhatikan. Setidaknya, usahakan mengunyah makanan selama 15 detik. Hal itu dilakukan karena jika kita makan dengan lahap dan cepat, otak bisa merasakan kenyang dan malah cenderung banyak makan nantinya. Jadi, santai dan nikmati apa yang kita makan itu.

3. Tetap Aktif
Aktif dalam artian, paling tidak setiap hari kita harus mengeluarkan keringat. Tidak perlu berolahraga yang berat-berat, untuk mengeluarkan keringat bisa didapat dari kegiatan rumah tangga. Seperti mencuci sepeda motor, menyapu, membersihkan kaca dan sebagainya. Nah, manfaat lainnya, kita juga bisa membuat rumah bersih kan?

4. Perbanyak Air Putih
Air putih sangat berperan penting bagi sistem metabolisme dalam tubuh kita. Maka dari itu, setidaknya dalam sehari harus meminum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari.

5. Tidur yang Cukup
Tidur yang baik dalam sehari setidaknya butuh waktu 8 jam. Dan juga tidak boleh tidur kurang dari 6 jam per hari. Jika tidur lebih dari waktu yang ditentukan, ada hormon yang bernama sekresi ghrelin yang dapat merangsang nafsu makan.

6. Menjaga Mood
Mood yang baik pasti akan memengaruhi aktifitas sehari-hari dan pilihan makanan yang akan kita makan. Jika mood sedang buruk, akan ada pengaruh hormon yang berhubungan langsung dengan berat badan. Maka dari itu, pastikan selalu bahagia dan bebas stress berkepanjangan.

7. Cek Berat Badan secara Berkala
Terakhir, selalu cek berat badan kalian. Dengan rutin mengeceknya, kita bisa mengontrol berat badan kita yang naik-turun itu. Tapi jangan terlalu khawatir jika berat badan naik atau turun 0,5 – 1,5 kg dalam seminggu atau bahkan dalam sehari. Itu adalah hal wajar.

Menjaga berat badan ideal memang sulit. Semoga sedikit ilmu ini bisa diambil dari para pembaca. Salam sehat!

Penulis : Sevilla E. Azzahra
(Teen journalist IC & penulis lepas dari SMK Mutu)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.