Berafiliasi Kelompok Radikal, Anti HTI Menguat

www.inspirasicendekia.com, MALANG – Gerakan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) terus menjadi common enemy (musuh bersama). Ditengarai berafiliasi dengan berbagai kelompok radikal, anti-HTI pun menguat.

Anti-HTI ini seperti ditunjukkan dalam seminar bertajuk Bahaya Laten HTI di Indonesia, Rabu (31/10). Seminar yang dilangsungkan di Hotel Radho Syariah Malang ini banyak menghadirkan tokoh muda NU.

Diantaranya, Rektor Unira Malang Hasan Abadi MAP, sebagai keynote speaker, serta Zulham Ahmad Mubarok (pengamat terorisme, koordinator Cyber Troop) dan Aji Prasetyo (komikus, anggota Lesbumi PBNU) sebagai pemantik diskusi.

Dalam presentasinya, Zulham Mubarok menegaskan, jika ditelusur ada keterkaitan antara HTI dengan ISIS. Bahkan, lanjutnya, gerakan HTI pernah mendompleng kelompok Ikhwanul Muslimin.

“Memang tidak ada struktur orgnisasi resmi, tapi mereka ada dimana-mana. Bermula dari gerakan ideologi, HTI lalu berafiliasi kemana-mana dan semua celah dimasuki,” tegas Zulham.

Zulham Ahmad Mubarak, koordinator Cyber Troops NU.

Menurutnya, gerakan HTI sebenarnya juga berlindung pada kekuasaan, dan pada akhirnya memanfaatkan kekuasaan untuk kepentingannya. Dikatakan, mereka pandai menyusup, ke kampus-kampus dan mencari beasiswa, menjadi dosen, hingga doktor dan profesor.

“(Secara) ideologi gerakan HTI tidak bisa dimusnahkan begitu saja. Bahayanya, meski sudah dilarang, siapa yang berani menjamin aktivis HTI tidak lompat pagar?” tanya mantan wartawan investigasi media cetak nasional ini.

Zulham mengaku sudah pernah melakukan sampel digital forensik soal sepak terjang gerakan HTI. Dikatakan, aktivis HTI juga memiliki banyak kanal, akun, atau pun media digital untuk menyebarkan ideologinya.

Di akhir seminar yang banyak diikuti kalangan mahasiswa ini dan pesantren ini, dilakukan deklarasi bersama anti-HTI yang dipimpin Zulham Mubarok. Selain anti HTI, masyarakat Bhumi Arema juga menolak hoax dan ajaran kebencian yang bisa merusak dan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. [min]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.