Beranda KAMPUS Berada dalam Geopark Internasional, Wabup Sanusi Berharap Malang Bersiap

Berada dalam Geopark Internasional, Wabup Sanusi Berharap Malang Bersiap

65
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, MALANG.KAB – Isu pembangunan sektor pariwisata banyak diperbincangkan dalam kuliah umum Leader Talks: “Tata Kelola Sumber Daya Lokal dalam Pembangunan Daerah” yang digelar di Auditorium Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang, Selasa (10/10). Berada dalam kawasan Geopark Internasional, wilayah Kabupaten Malang cukup strategis dikembangkan wisatanya.

Ini seperti ditegaskan Wakil Bupati Malang HM Sanusi yang turut diundang sebagai narasumber. Menurutnya, Kabupaten Malang berada dalam rencana Geopark Internasional karena berdekatan dengan kawasan wisata Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru (TNBTS). Termasuk di dalamnya pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

“Malang tidak boleh tidak harus siap menjadi daerah detinasi kunjungan 2018. Ini sering rencana pengembangan bandara bertaraf internasional Bandara Abdulrahman. Pada 2019, sejumlah Rp 20 triliun disiapkan pemerintah pusat untuk pengembangan kawasan TNBTS ini,” beber Sanusi, Selasa (10/10).

Selain itu, kawasan Sendang Biru juga tengah diupayakan menjadi Dermaga Internasional, sehingga diharapkan akan banyak kapal asingĀ  bisa bersandar di pelabuhan pantai Malang Selatan ini.

“Jika tidak segera direncanakan dan dipersiapkan untuk turut ambil bagian, maka kita bisa ketinggalan. Karena itu, kami meminta pihak Rektor Unira menindaklanjuti kerja sama dengan pihak Pemerintah Ceko (melakukan kajian-kajian internasional, red),” imbuh Wabup.

Berada dalam Geopark Internasional, Wabup Sanusi Berharap Malang BersiapTerpisah, Rektor Universitas Islam Raden Rahmat Malang Hasan Abadi MAP menegaskan, pihaknya siap melakukan kerja sama dengan perwakilan Duta Besar Ceko untuk RI terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain pertukaran dosen dan mahasiswa, kami akan melakukan kerja sama dengan melakukan riset untuk berkontribusi pada pembangunan di Kabupaten Malang.

“MoU kerja sama dengan Ceko tentunya banyak pada aspek akademik, terutama pengembangan riset. Soal pengembangan pariwisata, yang kami tawarkan tentunya wisata yang tetap bercirikan kearifan lokal,” kata Hasan.

Dalam kuliah umum ini, banyak dibahas bagaimana upaya menggali dan mengelola sumberdaya lokal. Selain Wabup HM Sanusi, forum ilmiah ini juga menghadirkan Ivan Hotek, Duta Besar Cekoslovakia untuk RI. Dalam kesempatan ini, Ivan Hotek menegaskan bahwa Pemerintah Ceko membuka kerja sama dengan Pemkab Malang. Secara simbolis, pihaknya bersama Rektor UNIRA juga melakukan penandatanganan MoU. [rul]

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here