Belajar Menulis di Bengkel Kejuruan, Kenapa Tidak! 

Inspirasicendekia.com, Merangkai dan menyambung kabel-kabel kelistrikan adalah makanan sehari-hari bagi para siswa ini. Sebagai siswa jurusan Teknklogi Otomasi Industri (TOI), praktik kelistrikan menjadi kesibukan biasa di bengkel listrik jurusan.

Namun, hal tak biasa terjadi di bengkel listrik TOI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Rabu (20/12). Dengan laptop di meja masing-masing, sejumlah siswa jurusan TOI ini tampak sibuk menuliskan sesuatu.

“Saya lagi mencoba membuat karangan bertema Hari Ibu. Bentuknya sih semacam puisi,” kata Galih Lia Wulan Agustya, siswi kelas XI TOI SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, di sela kesibukannya membuat tulisannya, Rabu (20/12) siang.

Duduk di sebelah kanan Galih Lia, tampak siswi lain, Lailatul Karimah, juga serius dengan rangkaian tulisannya. Bedanya, tulisannya lebih tentang kesan dan perasannya pada sosok ibunya. Tetapi, Imah (panggilan akrabnya), memasukkan petikan dialog antara dirinya dengan sang ibu.

Galih Lia dan Imah memang sedang membuat karangan bebas yang ditugaskan pada mereka. Bersama sejumlah siswa TOI SMKM 1 lainnya, keduanya memang tengah mengikuti Bengkel Jurnalistik yang dipandu founder Media Cendekia, Choirul Ameen.

Choirul Ameen, fasilitator Bengkel Jurnalistik tersebut mengungkapkan, pelatihan diberikan sekitar dua pekan. Selanjutnya, peserta diberi kesempatan magang jurnalistik ke lapangan dan keredaksian untuk mengelola penerbitan sendiri milik jurusan.

“Saya salut dengan semangat dan motivasi anak-anak mengikuti kegiatan ini, walau harus kerap dibangkitkan. Mereka tidak minder dan putus asa, meski sehari-harinya hanya latihan kompetensi keahlian sesuai jurusannya,” kata Ameen. (tim/rul)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.