Badan Usaha dan Pekerja Harus Bersertifikasi Profesi

Inspirasicendekia.com, MALANG – Pertumbuhan usaha di Indonesia dan pelakunya haruslah tersertifikasi. Tetapi, sertifikasi profesi bagi pekerja tidak serta merta bisa diterapkan karena berbagai alasan.

“Tidak ada aturan normatif yang eksplisit menyebutkan sertifikasi profesi untuk diberlakukan. Rekrutmen calon pekerja tidak secara khusus mensyaratkannya,” kata Ahmad Rukmianto, Kabid Hubungan Industrial Dinas Ketenagarjaan dan Transmigrasi Kabupaten Malang, Jumat (7/9) siang.

Dikonfirmasi soal berapa tenaga kerja di Kabupaten Malang yang bersertifikat profesi? Ahmad Rukmianto tidak bisa memastikan dan tidak pernah secara khusus mendatanya.

“Sertifikasi profesi tidak menjadi syarat utama rekrutmen calon pekerja. Juga tidak dipakai sebagai acuan skema penggajian,” imbuh Totok, panggilan akrabnya.

Dikatakan, setiap perusahaan memang diwajibkan memiliki struktur dan skala upah. Skala upah ini tergantung beban, tanggung jawab, resiko, dan keahlian pekerja. Menurutnya, ini diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 1/2017 tentang struktur upah dan skala upah.

“Tetapi, tidak ada aturan yang eksplisit menyebut sertifikasi profesi sebagai syarat kerja. Rekrutmen dikembalikan sepenuhnya pada masing-masing perusahaan,” imbuhnya.

Meski demikian, lanjut Totok, sertifikasi profesi sangat penting untuk bisa menjamin kualitas dan kinerja karyawan. Termasuk, setelah bekerja, harus diperhatikan dan ditingkatkan keterampilan pekerja oleh perusahaan.

“Masih ada kesenjangan antara dunia kerja dan calon pekerja, dan ini harus dicarikan solusinya. Dari angka keterserapan kerja, sekitar 40-50 persen pekerja yang terekrut masih non-skill alias belum sepenuhnya sesuai kompetensinya,” bebernya.

Totok mencontohkan, Malaysia yang dulu survey dan belajar ke Indonesia, sudah lebih dulu menerapkan sertifikasi profesi.

“Disnaker sudah mendorong badan usaha dan tenaga kerja tersertifikasi. Mindset dan pemahaman pekerja sendiri juga harus berubah, bahwa sertifikasi profesi sangat penting,” pungkasnya.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.