Atraktif! Panggung Terbuka Demo Ekskul Hibur Siswa Baru SMANEKA

Inspirasicendekia.com, MALANG – Alkisah, Dilan dengan sepeda kesayangannya mendapati seorang ibu yang tengah dirampok di jalanan. Kalah duel, si penjahat dendam lalu mengajak komplotannya menyerbu Dilan dan teman-temannya sepulang sekolah.

Karena banyak terluka parah, terpaksa anak sekolah ini mendapatkan perawatan. Sejumlah siswa lalu memberikan pertolongan pertama dan penanganan medis serius seperlunya.

Pemandangan ini terjadi di lapangan outdoor SMAN 1 Kepanjen (Smaneka), Senin (16/7) siang. Namun, itu hanyalah parodi yang ditampilkan sejumlah anggota Palang Merah Remaja (PMR) SMAN 1 disaksikan ratusan siswa baru dan kelas XI yang siang itu bergerombol dengan rapi di pinggir dan tribun lapangan.

Atraktif! Panggung Terbuka Demo Ekskul Hibur Siswa Baru SmanekaSebelumnya, ratusan siswa ini juga antusias dan banyak memberi aplaus pada penampilan sejumlah siswa lainnya. Selama beberapa menit, puluhan siswa anggota Pasukan Komando (Pasko) menampilkan atraksi baris berbaris dengan kompak dan formasi apik.

Tak hanya di bidang baris berbaris, anggota Pasko juga tercatat menjuarai berbagai even lomba dan kompetisi. Diantaranya, Joko Roro, Duta Anti Narkoba, bahkan satu dari tiga siswa dengan karya ilmiah juara nasional. Tahun ini, satu anggota Pasko Smaneka juga masuk tim Paskibra provinsi Jawa Timur.

Apa yang diperagakan para siswa ini sejatinya demo ekstrakurikuler dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi siswa baru di SMAN setempat.

Atraktif! Panggung Terbuka Demo Ekskul Hibur Siswa Baru SmanekaDikatakan Muhammad Ali, waka Kesiswaan SMAN 1 Kepanjen, pengenalan ekskul dilakukan dalam kegiatan indoor berupa presentasi kegiatan dan prestasi 14 ekskul dan outdoor demo langsung.

“Yang didemokan outdoor sejumlah lima ekskul. Yakni, marching band, pencak silat Merpati Putih, Pasko, taekwondo dan PMR,” terang Ali, di sela demo anggota Pasko, Senin (16/7).

Ditambahkan, acara pengenalan lingkungan sekolah ini harus diikuti siswa baru sejumlah 417 anak. Menurutnya, masa PLS dilaksanakan lima hari, dua hari sebelumnya adalah pra PLS yang banyak diisi apel, orientasi, dan latihan baris berbaris.

“Presentasi dan demo ekskul sengaja digelar di awal Pengenalan Lingkungan Sekolah agar siswa baru bisa mengamati dan cukup referensi, untuk memilih kegiatan pengembangan diri apa yang nantinya diikuti,” tambah Ali.

Terpisah, Saifudin Risqi, siswa baru SMAN 1 Kepanjen yang diterima jalur Bidik Misi mengaku senang dan berkesan mengikuti kegiatan PLS siang itu. Terlebih, menurutnya ia belum pernah melihat sebelumnya berbagai atraksi demo ekskul yang diperagakan. Risqi pun mengaku penasaran dengan aksi bela diri merpati putih yang bisa mematahkan barbagai benda keras dengan pukulan tenaga dalam.

“Sekolah di Smaneka memang pilihan saya. Harapannya, selama belajar di SMAN 1 bisa lebih berprestasi dan membanggakan kedua orang tua,” kata siswa lulusan SMPN 1 Kepanjen ini.

Penampilan wah marching band Bahana Swara Sangkakala Bhawana menjadi pemuncak demo ekskul di SMAN 1 Kepanjen. Penampilan anggota ekskul yang beberapa kali juara kontes nasional dan diikuti beberapa negara ini begitu memukau dengan lagu iringan band dipadu atraksi mayor dan tarian flashmove. [ameen]

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.