Beranda HEADLINE NEWS Antisipasi Tanggap Kebencanaan, Koops TNI Kodam V Brawijaya Gelar Simulasi

Antisipasi Tanggap Kebencanaan, Koops TNI Kodam V Brawijaya Gelar Simulasi

111
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, MALANG – Tanggap darurat bencana menjadi bagian kegiatan dalam rangka Koops TNI Wilayah Kodam V Brawijaya. Bersama jajaran satuan relawan lainnya, Kodam V/Brawijaya menggelar upacara gelar pasukan dan perlengkapan serta gladi penanggulangan bencana alam erupsi gunung api di Stadion Kahuripan Talok Kecamatan Turen Kabupaten Malang, Kamis (6/4) pagi.

Upacara gladi penanggulangan bencana ini dipimpin langsung Bupati Malang Dr.H Rendra Kresna selaku inspektur upacara. Dalam amanatnya, Rendra menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat rawan dengan bencana alam, seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi. Tak terkecuali Kabupaten Malang yang merupakan daerah pegunungan.

Antisipasi Tanggap Kebencanaan, Koops TNI Kodam V Brawijaya Gelar Simulasi

“Mungkin kita tidak bisa mencegah terjadinya bencana alam, tetapi solidaritas sosial dan bantuan bagi para korban merupakan salah satu langkah yang dapat kita perbuat,” terang Rendra.

Salah satu cara yang dapat dilakukan lanjut dia, yaitu melalui optimalisasi peran korwil dalam menajemen penanggulangan bencana alam. Menurutnya, digelarnya upacara latihan penanggulangan bencana alam tersebut, dimaksudkan guna mewujudkan efektifitas dan efisiensi dalam penanggulangan bencana serta penanganan pengungsi.

Dalam acara ini, juga dilangsungkan simulasi penanganan korban darurat dan tanggap bencana erupsi. Semua elemen relawan, sesuai tanggung jawab dan tupoksi penanganan bencana masing-masing bertindak menangani korban bencana alam. Bupati Rendra Kresna juga berharap semua pihak agar sungguh-sungguh dalam melaksanakan seluruh tahapan latihan guna mencapai hasil yang optimal sesuai rencana yang diharapkan.

Sementara, kepada awak media Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Iriyanto mengungkapkan, dalam menangani bencana juga diperlukan perencanaan dan persiapan yang matang serta perlu adanya koordinasi dan kerjasama yang erat dengan Pemda dan seluruh unsur terkait.

Selain personel TNI dan BPBD, relawan tim SAR PMI dan Tagana juga ikut dalam acara ini. Selama 5-7 April 2017 juga dilaporkan bahwa PMI Kabupaten Malang mengikuti kegiatan gladi penanggulangan bencana erupsi gunung yang dilsksanakan oleh Mabesad di wilayah ancaman Gunung Semeru. Dalam hal ini, tugas relawan PMI Kabupaten Malang mencakup seksi SAR, evakuasi layanan kesehatan, angkutan, sarana dan DVI. [rul]

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here