Beranda INSPIRASI Angkat Macyto, Wisata Keliling Kota Malang

Angkat Macyto, Wisata Keliling Kota Malang

222
0
BERBAGI
Angkat Macyto, Wisata Keliling Kota Malang

Jurnalis Seputar Indonesia, Yuswantoro, meraih penghargaan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2015 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Tulisan Yuswantoro yang berjudul “Wisata Kota Malang: Macyto, Sensasi Baru Wisata Kota Malang” ditetapkan sebagai salah satu karya jurnalistik yang memenangi lomba jurnalistik bidang pariwisata ini.

Seperti dilansir Bisnis.com, Menteri Pariwisata Arief Yahya berujar, bahwa peran media dalam mempromosikan pariwisata Indonesia sangat penting. Informasi mengenai destinasi pariwisata yang disampaikan melalui media mendorong wisatawan nusantara melakukan perjalanan wisata di tanah air  serta memberikan dampak positif terhadap peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Angkat Macyto, Wisata Keliling Kota Malang

Diberitakan, APWI yang telah berjalan sejak tahun 2003 sebagai wujud apresiasi pemerintah kepada media sebagai komponen penting dalam pembangunan kepariwisataan nasional yang mengedepankan pendekatan pentahelix, yang terdiri dari unsur  pemerintah, pelaku bisnis, akademisi, komunitas, dan media. Penghargaan Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) 2015 kepada para jurnalis dan penulis di media cetak dan elektronik  (televisi dan radio) serta media online. Acara pemberian penghaargaan tersebut telah dilangsungkan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar Iqbal merilis, penyelenggaraan APWI tahun ini merupakan yang ke-12 kalinya dengan  mengikutsertakan 248 artikel media cetak, 187 artikel media online, 48  judul tayangan televisi, 6 judul siaran radio, dan 21 tulisan pariwisata yang dimuat  selama bulan November 2014 hingga Oktober 2015. Penilaian melibatkan tim juri terdiri dari Wahyu Indarsto, Elly N. Hutabarat, Ade Armando, Hari Untoro Drajat, Himawan Bramantyo, Fathul Bahri,  dan Ani Insani Rochmulyati. Tim juri ini  mewakili kalangan akademisi, industri pariwisata, pemerhati pariwisata, pejabat Kemenparekraf, serta media.

Yuswantoro mengungkapkan, apresiasi pemerintah melalui penghargaan APWI ini diharapkan bisa memacu pembangunan wisata khususnya di Kota Malang. Terlebih, pembangunan pariwisata sekaligus bermanfaat memacu masyarakat dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis kreatif UMKM.

“Pengembangan wisata dan UMKM mestinya tidak sekedar jadi jargon pemerintah. Harus juga melibatkan peran CSR perusahaan di dalamnya,” demikian Yuswantoro, Rabu (30/12/2015).

Pewarta: Choirul Ameen / Foto Macyto: Google Image

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here