Anak selalu Ingin Menggambar, Baik atau Tidak?

Assalamualaikum wr.wb.

Dokter Vivi, saya mau bertanya mengenai anak saya. usianya baru 4 tahun, tapi maunya menggambar terus saja. Saya jadi takut kalau nanti perkembangannya tidak maksimal. Apa yang harus saya lakukan dok?
Terimaksih.

Wassalamualaikum wr.wb

Gaya Belajar

JAWABAN:
Bunda Sriani yang baik, setiap anak pasti memiliki alur tahapan perkembangan anak dan memang di tahap usia 4tahun, apabila ananda suka menggambar itu masih merupakan tahapan yang normal dalam tahapan perkembangannya. Untuk meningkatkan tahapan perkembangannya, kita dapat membacakan suatu cerita dan kita susun tema apa yang ingin kita bahas bersama anak kita. Kita bisa mulai mengajaknya untuk menuliskan kosakata pada gambarnya sesuai dengan tema yang sedang kita bahas.

Mengutip teori kecerdasan majemuk Howard Gardner dalam teori Multiple Intellegence, ada berbagai macam kecerdaan pada anak, yaitu ada kecerdasan bahasa atau linguistik, kecerdasan matematika, kecerdasan interpersonal berhubungan dengan orang lain, kecerdasan intrapersonal yaitu kecerdasan berkaitan dengan kemampuan memahami kemampuan dan kelemahan diri, kecerdasan naturalis mengenai alam, kecerdasan musikal, dan kecerdasan visual spasial.

Suka menggambar adalah salah satu bentuk kecerdasan visual spasial anak. Sebagai orang tua, kita seyogyanya dapat melihat potensi kecerdasan anak kita dan memaksimalkan potensinya, sehingga selanjutnya dapat kita fasilitasi ananda untuk lebih dapat mengembangkan potensinya. (*)

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.