Beranda HEADLINE NEWS AKSIBA, Pelajar MTs se Malang-Batu Unjuk Kemampuan Kebahasaan

AKSIBA, Pelajar MTs se Malang-Batu Unjuk Kemampuan Kebahasaan

108
0
BERBAGI
AKSIBA, Pelajar MTs se Malang-Batu Unjuk Kemampuan Kebahasaan
FOTO: Ilustrasi

Inspirasicendekia.com, MALANG – Momen Bulan Bahasa akhir Oktober ini bakal mempertemukan para pelajar madrasah tsanawiyah (MTs) berbakat bidang kebahasaan. Para pelajar MTs dengan kemampuan terbaik dari Kabupaten Malang dan Kota Batu dipertemukan dan saling unjuk keterampilan di Ajang Kreasi Siswa Berbahasa (AKSIBA) 2017.

Ajang kompetisi yang diprakarsai MGMP MTs Kemenag Kabupaten Malang ini dipusatkan di komplek MAN 2 Malang 2 di Turen, Sabtu 28 Oktober 2017 mendatang. Tercatat, akan dilombakan 8 (delapan) jenis lomba kebahasaan dalam empat bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Bahasa Jawa.

“Lomba tiap jenis bahasa dibagi masing-masing dua, yakni pidato atau orasi dan mendongeng/bercerita. Tiap jenis lomba memiliki aspek penilaian yang berbeda-beda,” kata Suliadi, SPd, ketua pelaksana AKSIBA 2017, Rabu (25/10).

Tercatat, setidaknya 220 peserta dari 26 MTs yang sementara tercatat bersaing menjadi yang terbaik di ajang yang baru pertama kali digelar ini. Kompetisi antarpeserta pun diperkirakan bakal seru, terlebih ads keikutsertaan pelajar MTsN Batu yang saat ini bergabung menjadi anggota MGMP MTs Kabupaten Malang.

Dikatakan Suliadi, ada lima teks yang disediakan panitia untuk dipilih peserta lomba dengan durasi penampilan 5-7 menit. Dari semua jenis lomba, bobot penilaian paling besar adalah bagaimana naskah pidato maupun cerita disampaikan dan disajikan. Sementara, penguasaan isi dan kesesuaian dengan tema bobotnya hanya tak lebih dari 20 persen skor total. [min]

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here