Ajang GKC Smaneka, Pelajar Pun Jadi Presenter Cilik dan Pendongeng Jawa

0 232

Inspirasicendekia.com, MALANG – Tampil di depan audien dengan komunikatif dan ekspresif tidaklah mudah. Di ajang Gelar Karya Cipta SMAN 1 Kepanjen (GKC Smaneka), puluhan pelajar SMP/MTs berlomba tampil terbaik hari ini, Sabtu (2/2/2019).

Ajang gelar karya dan keterampilan bidang bahasa ini digelar rutin tiap tahun di SMAN 1 Kepanjen. Kali ini, empat jenis lomba yang diadakan, yakni pidato Bahasa Indonesia, mendongeng bahasa Jawa, new reading dan menyanyi (karaoke).

Di ajang GKC Smaneka ke-11 ini, peserta diberi pilihan masing-masing empat naskah pidato, berita, dan dongeng. Dongeng bahasa Jawa yang harus diperagakan prserta diantaranya berjudul Kancil lan Bulus, Kebo lan Boyo, dan Asal-usule pun Rawa Pening.

“Lomba GKC ke-11 ini diambil peserta terbaik juara 1 sampai 3 tiap bidang lomba. Penghargaan akan diberikan bersamaan dengan acara puncak pentas seni 16 Februari mendatang,” Moh. Ikhwan Yusufi, ketua pantia GKC Smaneka.

Dikatakan, ajang GKC Smaneka merupakan kegiatan meramaikan Bulan Bahasa Februari 2019. Selain digelar internal dengan lomba antarkelas hingga puncak acara pensi, juga dimeriahkan dengan lomba-lomba yang diikuti pelajar SMP/MTs.

“Pada puncak acara Bulan Bahasa saat pensi nanti, akan dipersembahkan kreativitas dan bakat semua siswa program Bahasa,” kata Ikhwan.

Bidang lomba pidato Bahasa Indonesia dan news reading berbahasa Inggris paling banyak diikuti peserta. Tetapi, lomba dongeng Jawa masih peminatnya, hanya diikuti tujuh peserta.

Hasil akhirnya, berturut-turut peserta terbaik juara 1 diborong siswa SMPN 4 Kepanjen dari lomba pidato, dongeng Jawa, dan menyanyi. Sementara, siswa SMP Islam Al-Rifaie Gondanglegi terbaik bidang lomba news reading. [rul]

Dapatkan notifikasi berita terbaru langsung dari perangkat Anda. Subscribe sekarang!

Berita Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email Anda tidak akan disebarkan.