Beranda PUBLIK Agar Eksis, Sekolah PGRI Diminta Lebih Berdaya Saing

Agar Eksis, Sekolah PGRI Diminta Lebih Berdaya Saing

129
0
BERBAGI

Inspirasicendekia.com, MALANG – Sejumlah 54 kepala sekolah PGRI jenjang TK/SMP/SMA resmi dilantik dan dikukuhkan di aula Bojana Puri Kepanjen, Kamis (4/1). Pengukuhan ini dilakukan Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) PGRI Kabupaten Malang.

Sejumlah kasek ini bakal bertugas di sekolah PGRI yang diantaranya terdiri dari 1 lembaga SLB, 1 MTs,  22 lembaga TK, dan 31 lembaga SMP/SMA/SMK PGRI.

Sebelum pengukuhan, para kepala sekolah yang dilantik ini terlebih dahulu diminta menyanggupi pakta integritas sebagai kepala sekolah baru. Ada empat poin integritas yang harus dilakukan dan dipenuhi kepala sekolah PGRI. Pembacaan pakta integritas ini dipimpin oleh ketua YPLP Dasar dan Menengah PGRI Jawa Timur, Sugianto Tjokro.

Selanjutnya, diwakili empat kasek yang mewakili jenjang pendidikan masing-masing melakukan penandatanganan integritas di hadapan ketua YPLP Dasmen PGRI Jatim. Turut menyaksikan, ketua PGRI Kabupaten Malang Dwi Sucipto, ketua YPLP PGRI yang juga sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Pudianto MSi.

“Tantangan sekolah PGRI saat ini lebih berat. Keberadaannya bukan lagi sekadar sekolah pelengkap untuk perluasan akses dan pemerataan pendidikan. Sekolah PGRI tetap harus memiliki daya saing,” kata ketua PGRI Kabupaten Malang Dwi Sucipto, di sela acara pelantikan, Kamis (4/1) siang.

Ditegaskan, di tengah menjamurnya sekolah negeri yang juga menjadi pilihan masyarakat, maka sekolah PGRI pun harus bisa menjadi kompetitor agar tetap eksis dan tidak ditinggalkan. Karena itu, lanjutnya, kerja keras dan mutu perlu ditingkatkan lagi oleh sekolah PGRI

“Selain kemampuan yang dimiliki, gaya kepemimpinan yang baik termasuk sikap dan perilaku seorang kepala sekolah, sangat menentukan keberhasilan pendidikan di sekolah PGRI. Ini yang perlu diperhatikan,” tegas Dwi.

Sebelumnya, ketua YPLP PGRI Kabupaten Malang Pudianto mengungkapkan, dilakukannya pelantikan 54 kepala sekolah PGRI ini setelah masa jabatan 4 tahun sebelumnya telah habis. Kepala sekolah baru yang dilantik ini diharapkan bisa memanfaatkan kapasitas dan potensinya untuk memajukan sekolah.

Menurutnya, tercatat sumlah 130 sekolah di bawah naungan PGRI Kabupaten Malang. Rinciannya, 1 SLB, 2 MTs, 62 SMP, 4 SMA dan 18 lembaga SMK. (rul)

PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here