2019, Sekitar 11 Ribu Honorer Terima Jaminan BPJS Ketenagakerjaan

0 1.695

Inspirasicendekia.com, MALANG – Awal 2019 mendatang, ribuan honorer Kabupaten Malang di lingkungan pendidikan bakal menerima jaminan sosial dari pemerintah. Para GTT/PTT ini dipastikan mendapatkan jaminan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Sosialisasi terkait jaminan BPJS Ketenagakerjaan bagi GTT/PTT di lingkungan Dinas Pendidikan diberikan kepada perwakilan honorer dan koordinator wilayah pendidikan hari ini, Kamis (27/12).

Dikatakan, MoU kepesertaan BPJS ketenagakerjaan bagi pegawai di lingkup pemkab Malang sebenarnya sudah diawali 2017 lalu.

“Nah, tahun depan, informasinya ada penambahan kepesertaan pegawai non-ASN yang jumlahnya sekitar 11 ribu orang. Khusus honorer GTT/PTT ini jumlahnya sekitar 7 ribu peserta,” jelas kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang, Cahyaning Indriasari MM, usai sosialisasi di aula Panji Dinas Pendidikan, Kamis (27/12) siang.

Menurut Cahyaning, sosialisasi ini diberikan untuk memberikan pemahaman terkait hak-hak jaminan yang akan menjadi tanggungan pemkab yang dipenuhi melalui BPJS Ketenagakerjaan. Rencananya, kartu BPJS segera diterbitkan dan difungsikan setelah menerima iuran pembayaran dari pemkab Malang selaku pemberi kerja.

“Sementara jaminan yang ditanggung pemkab Malang bagi GTT/PTT masih dua. Yakni, jaminan kecelakaan kerja dan kematian. Jika tidak bisa langsung semua, yang sudah registrasi berapa dulu, itu yang kami terbitkan kartunya,” ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya kini masih menunggu terbitnya peraturan Bupati Malang terkait pelaksanaan program jaminan perlindungan ketenagakerjaan bagi pekerja yang bekerja di penyelenggara negara atau pun non-pemerintahan. Salah satunya, jaminan perlindungan bagi pegawai non-ASN ini.

“Pasca MoU kami terus matangkan dengan dinas-dinas terkait. Tahun ini, perbup terkait implementasi perlindungan pekerja bagi pegawai non-ASN sudah disiapkan sebagai dasar,” imbuh Cahyaning.

Informasinya, anggaran APBD sejumlah Rp 1,8 miliar disiapkan untuk tahun 2019 bagi perlindungan jaminan ketenagakerjaan bagi pegawai non-ASN di lingkungan Kabupaten Malang. [min]

Dapatkan notifikasi berita terbaru langsung dari perangkat Anda. Subscribe sekarang!

Berita Terkait

Tinggalkan pesanan

Alamat email Anda tidak akan disebarkan.