Beranda KILAS 126 Sekolah Adiwiyata Jatim Ditetapkan Gubernur

126 Sekolah Adiwiyata Jatim Ditetapkan Gubernur

1879
0
BERBAGI
126 Sekolah Adiwiyata Jatim Ditetapkan Gubernur
Kunjungan siswa Nader Adiwiyata SMPN 1 Turen ke TPA Talangagung untuk belajar pengelolaan sampah.

MALANG – Setidaknya 126 sekolah jenjang dasar dan menengah se Jawa Timur resmi ditetapkan menjadi Sekolah Adiwiyata Jatim tahun ini. Dari sejumlah sekolah tersebut, beberapa diantaranya berasal dari Malang Raya.

Di Kabupaten Malang, sejumlah sekolah yang bersiap dikunjungi Tim penilai Adiwiyata adalah SMAN 1 Bululawang, SMPN 1 Turen, dan MTsN Harjokuncaran Sumbermanjing Wetan. Tahun ini, Sekolah Adiwiyata yang mendapatkan SK Gubernur Jawa Timur dari Kota Malang jumlah lebih banyak. Pada jenjang SD, tercatat SD Insan Amanah, SDN Blimbing 3, dan SDN Arjosari 1. Sedangkan, jenjang SMP paling banyak, yakni sejumlah 8 SMPN.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang Tridiyah Maestuti mengungkapkan, semua sekolah tersebut kini bersiap menghadapi penilaian tim Adiwiyata Jatim yang rencana semula akan dilangsungkan pada tanggal 12-13 April 2016 mendatang. Namun, belakangan jadual penilaian tersebut diundur hingga waktu yang belum bisa dipastikan lebih lanjut.

Selain penilaian Sekolah Adiwiyata, lanjutnya, juga akan dilakukan penilaian Kalpataru pada 12-14 April 2016. Penilaian Kalpataru ini secara khusus akan dilakukan pada Saptoyo, nominator penyelamat lingkungan dengan konservasi mangrove dan terumbu karang di Pantai Tiga Warna, Sumbermanjing Wetan. Nominator lainnya, lanjut Tridiyah, adalah Supadi, pengabdi lingkungan dengan mengelola dengan konsep 3R berbasis masyarakat di TPST Mulyoagung, Kecamatan Dau Kabupaten Malang.

Sementara itu, disinggung soal kesiapan menghadapi penilaian, kepala SMPN 1 Turen Drs Imam Jazuli mengungkapkan, persiapan fisik dalam pengembangan sekolah adiwiyata relatif clear (selesai), tinggal beberapa saja. Diperkirakan Selasa pekan depan semua persiapan rampaung, termasuk finalisasi lagu bertema adiwiyata.

Print
PILIHAN REDAKSI:
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here